Minggu, 14 Februari 2021 - 17:14:23 WIB
Steve Setiabudi Musa Gelar Sosialisasi Perda Pelestarian Kebudayaan BetawiKategori: Ibu Kota - Dibaca: 129 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta Steve Setiabudi Musa menggelar Sosialisasi Perda Kebudayaan Tradisi Betawi di kawasan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (14/02/2021). Sosialisasi Perda Kebudayaan Tradisional diikuti puluhan peserta.

Steven Setiabudi Musa mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai kegiatan peyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 4 thun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi. "Dan ini merupakan juga merupakan fungsi pengawasan DPRD melalui peyebarluasan Peraturan Daerah. Saya juga berterima kasih kepada warga yang begitu antusias mengikuti acara Sosialisasi Sosialisasi Perda Kebudayaan Tradisi Betawi," ujar Steven Setiabudi Musa yang merupakan politis PDIP ini.

Steven yang juga mantan wartawan Koran Suara Pembaruan ini, menambahkan adapun Kebudayaan Tradisi Betawi di antaranya tentang ikon Budaya Betawi yang telah ditetapkan adalah ondel-ondel, kembang kepala, ornamen gigi balang, baju sadaraiah, kebaya kerancang, batik betawi, kerak telor, dan bir peletok. 

Sementara itu, salah satu pembicara menyampaikan persoalan tentang kebudayaan tradisional Betawi Sereida Tmbuna, S.IP mengatakan  bahwa di DKI Jakarta ini hidup masyarakat yang majemuk yang tersebar di lima wilayah. Tapi, menjadi sorotan adalah Budaya Betawi, sebagai suku asli Betawi.

"Jadi  dalam masyarakat Betawi kita mengenal berbagai ciri khas. Seperti pakaian adat Betawi dan kelengkapan, ornamen khas Betawi dan bangunan, bahasa Betawi, dan upacara perkawinan adat betawi serta kuliner," ujar wanita asal Sumatera Utara ini. Jok


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.