Kamis, 14 Januari 2016 - 15:27:20 WIB
Ini Gereja Tertua dan Terunik di Kota MedanKategori: Wisata - Dibaca: 751 kali


Baca Juga:BI Rate Turun Jadi 7,25 PersenLedakan di Thamrin, Australia Keluarkan Travel AdviceJadwal Siaran Langsung Liga Primer InggrisHakim Peringatkan Margriet tak Karang Cerita

KOTA Medan, ternyata punya destinasi wisata religi berupa 2 buah gereja yang sangat menarik. Satu gereja merupakan gereja tertua di Medan, sementara satu lagi gereja namun berbentuk seperti kuil.

Medan merupakan kota Multikultural yang dihuni oleh masyarakat dari berbagai etnis dan agama, sehingga terlihat seperti Indonesia mini. Toleransi dan kerukunan antar umat beragama di kota ini juga terjaga dengan baik sehingga Kota Medan cukup pantas dijadikan sebagai destinasi wisata religi di Indonesia.

Apalagi di sini terdapat beberapa bangunan gedung ibadah yang menjadi destinasi wisata. Salah satunya adalah bangunan gereja. Di Kota Medan memang terdapat dua gereja yang menjadi destinasi wisata.

Pertama adalah Gereja Immanuel yang merupakan gereja tertua dan bersejarah di Kota Medan. Gereja yang berada tepat di depan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara, di Jalan Dipenogoro Nomor 24-27, Medan ini dibangun pada tahun 1921.

Dahulu, gereja ini diberi nama Indische Kerk atau Staatskerk, tempat peribadatan bagi komunitas warga negara Belanda  penganut agama Kristen Protestan, ketika  kota Medan masih dibawah pengawasan pemerintahan Hindia Belanda.

Arsitektur gereja ini bergaya khas Eropa dengan gaya renaissance. Terdapat pula menara yang puncak menaranya berbentuk kubah, ciri khas bangunan peninggalan Belanda. Dinding menaranya dihiasi empat jam dinding menghadap ke empat arah yang berbeda.

Di dalamnya terdapat sebuah lonceng besi setinggi hampir dua meter buatan tahun 1922. Sayangnya sejak 1980 jam ini tidak lagi berfungsi karena tidak ada teknisi yang bisa memperbaikinya.

Kemudian yang kedua adalah Gereja Graha Maria Annai Velangkani yang merupakan gereja terunik di Kota Medan. Disebut unik karena bentuknya seperti kuil Hindu yang ada di India, bukan seperti bentuk gereja pada umumnya. Bangunan utama gereja unik ini berbentuk menara yang terdiri dari dua tingkat.

Lantai dasarnya dijadikan sebagai aula dan lantai atas dipakai sebagai ruang ibadah. Kubah gereja yang berjumlah tiga melambangkan konsep ketuhanan Trinitas dalam agama Katholik yaitu Allah, Yesus dan Roh Kudus. Sedangkan menara yang terdiri dari tujuh jenjang melambangkan tujuh tingkatan surga.

Gereja yang terletak di Taman Sakura Indah, Jl. Sakura III No. 10, Tanjung Selamat, Medan, ini dibangun mulai dari tahun 2001 dan selesai pada tahun 2005. Pembangunannya digagas oleh Pastor James Bharata Putra SJ dan diresmikan oleh Uskup Medan.

Karena gereja ini dibangun oleh pendatang dari Tamil, India Selatan yang menganut agama Katholik sehingga bentuk gereja Katholik ini berbentuk seperti kuil Hindu di India. Sungguh unik bukan?

 Sumber: detik.com

0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.