Sabtu, 14 November 2015 - 21:54:12 WIB
Pulau Bokori Jamu 143 RajaKategori: Wisata - Dibaca: 1901 kali


Baca Juga:Pernikahan RahasiaKadin: Pemerintah Harus Berani Promosikan Produk LokalAhok Siap Hadapi Banjir JakartaJokowi Tak Ingin Lagi Ada KIH

SEBANYAK 143 raja se-Nusantara dijamu gala dinner atau makan malam di Pulau Bokori sebagai rangkaian Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN III di Kendari, Jumat (13/11/2015), seperti diberitakan antaranews.com.

Jamuan makan malam tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Sultra Nur Alam yang dihadiri Ketua Kwartir Nasional Pramuka Adyaksa Dault dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sultra.

Hadir pula dalam gala dinner itu beberapa raja dari mancanegara, yakni raja dari Malaysia, Singapura, Tiongkok, Filipina dan Pakistan. 

"Malam ini kami atas nama pemerintah dan masyarakat dengan segala kerendahan hati mengundang semua untuk makan malam di tempat ini," katanya.

Nur Alam kemudian menjelaskan tentang Pulau Bokori yang sebelumnya dihuni oleh warga Bajo yang notabene nelayan. Namun, saat Laode Kaimoeddin menjadi Gubernur Sultra, warga pulau itu direlokasi ke darat dengan pertimbangan daratan pulau itu sempit dan tidak tersedia air bersih.

"Saat itulah pemda mulai mempersiapkan tempat itu menjadi tempat wisata di Kendari. Akan tetapi, karena banyaknya prioritas pembangunan mendesak sehingga belum bisa ditata menjadi tempat wisata memadai," katanya.

Namun, pada bulan November 2014, kata Nur Alam, dirinya sempat mampir ke pulau itu setelah mengunjungi salah satu kecamatan menggunakan kapal. Menurut dia, kondisinya masih semak belukar akibat jarang disinggahi nelayan.

Pelan-pelan, kata dia, pemerintah mulai menata dan membangun dengan segala keterbatasan. Beberapa minggu lalu di tempat itu baru saja dilaksanakan kejuaraan nasional voli pantai dan berlangsung sukses.

"Malam ini kita bersama-sama gunakan sebagai tempat refreshing sambil makan malam. Kita semua makin eratkan rasa kekeluargaan satu sama lain," katanya.

Para raja saat menuju dan meninggalkan Pulau Bokori menggunakan kapal SAR Kendari dan beberapa kapal speed milik pemprov dan beberapa instansi terkait. Sisca Ayu


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (195385)Tampil di Jakarta (26052)Menikah di Bali (25699)Pergantian Pangdam IV Diponegoro di Luar Kebiasaan (20683)Messi Dirindukan Barcelona (19328)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (15734)Surya Paloh Doakan Endriartono Menangi Konvensi PD (15524)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (13444)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (13066)Nurul Arifin: JK Tutup Pintu Buat Saya (12489) INTERNASIONALSekutu Caracas Berencana Tolak Resolusi AS Soal VenezuelaNEW YORK-Rusia dan sejumlah negara sekutu Venezuela mengatakan, mereka akan menolak rancangan resolusi ...


Trump Buka Kemungkinan Pertemuan dengan Kim Jong-un Jilid IIIPresiden Ekuador Sebut Assange Peretas yang MalangJet Tempur Milik AS Ikut Latihan Perang dengan FilipinaJejak Kasus yang Membelit Pendiri WikiLeaks Julian AssangePerang Dagang hingga Brexit Bikin Ekonomi Global Lesu ke 3,3%Dua Pria Ditembak di RiyadhBank Dunia Tunjuk David Malpass sebagai Presiden Baru
Laporan KhususRob Clinton Kardinal Sebut Masa Depan Indonesia di Tangan MilenialJAKARTA-Calon Anggota Legislatif Partai Golkar, Rob Clinton Kardinal mengumpulkan seluruh relawan ...


Jokowi Komitmen Genjot Pembangunan SDM Besar-besaranSuku-suku Pedalaman Indonesia yang Menolak ModernisasiInilah Pemenang Lomba Foto Jurnalistik Home Credit Indonesia 2018Aneh, Crowd Control di Inasgoc Diatur Perusahaan SatpamMiss Indonesia Alya Nurshabrina Berbagi Motivasi Berburu Pelangi Abadi di Lereng Gunung SemeruPembentukan Pansus Angket TKA Masih Alot