Sabtu, 14 November 2015 - 21:54:12 WIB
Pulau Bokori Jamu 143 RajaKategori: Wisata - Dibaca: 2040 kali


Baca Juga:Pernikahan RahasiaKadin: Pemerintah Harus Berani Promosikan Produk LokalAhok Siap Hadapi Banjir JakartaJokowi Tak Ingin Lagi Ada KIH

SEBANYAK 143 raja se-Nusantara dijamu gala dinner atau makan malam di Pulau Bokori sebagai rangkaian Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN III di Kendari, Jumat (13/11/2015), seperti diberitakan antaranews.com.

Jamuan makan malam tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Sultra Nur Alam yang dihadiri Ketua Kwartir Nasional Pramuka Adyaksa Dault dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sultra.

Hadir pula dalam gala dinner itu beberapa raja dari mancanegara, yakni raja dari Malaysia, Singapura, Tiongkok, Filipina dan Pakistan. 

"Malam ini kami atas nama pemerintah dan masyarakat dengan segala kerendahan hati mengundang semua untuk makan malam di tempat ini," katanya.

Nur Alam kemudian menjelaskan tentang Pulau Bokori yang sebelumnya dihuni oleh warga Bajo yang notabene nelayan. Namun, saat Laode Kaimoeddin menjadi Gubernur Sultra, warga pulau itu direlokasi ke darat dengan pertimbangan daratan pulau itu sempit dan tidak tersedia air bersih.

"Saat itulah pemda mulai mempersiapkan tempat itu menjadi tempat wisata di Kendari. Akan tetapi, karena banyaknya prioritas pembangunan mendesak sehingga belum bisa ditata menjadi tempat wisata memadai," katanya.

Namun, pada bulan November 2014, kata Nur Alam, dirinya sempat mampir ke pulau itu setelah mengunjungi salah satu kecamatan menggunakan kapal. Menurut dia, kondisinya masih semak belukar akibat jarang disinggahi nelayan.

Pelan-pelan, kata dia, pemerintah mulai menata dan membangun dengan segala keterbatasan. Beberapa minggu lalu di tempat itu baru saja dilaksanakan kejuaraan nasional voli pantai dan berlangsung sukses.

"Malam ini kita bersama-sama gunakan sebagai tempat refreshing sambil makan malam. Kita semua makin eratkan rasa kekeluargaan satu sama lain," katanya.

Para raja saat menuju dan meninggalkan Pulau Bokori menggunakan kapal SAR Kendari dan beberapa kapal speed milik pemprov dan beberapa instansi terkait. Sisca Ayu


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (196387)Menikah di Bali (27731)Tampil di Jakarta (26775)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (16343)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (14230)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (13956)Nurul Arifin: JK Tutup Pintu Buat Saya (12793)Profil Susi Pudjiastuti (12326)Wawarinka Melangkah ke Perempat Final (11867)Khloe Kardashian Siap Ceraikan Lamar Odom (11649) INTERNASIONALAbu Sayyaf Culik 5 WNI, Menlu RI Panggil Wakil Malaysia dan FilipinaJAKARTA-Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi memanggil perwakilan ...


Konflik Natuna dan Klaim Laut China Selatan Bikin ASEAN MeradangChina Resmi Tugaskan Kapal Perang Terbesar di AsiaLa Catrina, Bos Cantik Geng Narkoba Ditembak Mati Polisi MeksikoKata Mahathir, Israel Harus Diadili ICC karena 3 AlasanJet Tempur J-15 China Mulai Lepas Landas dari Kapal Induk ShandongTaliban Klaim Serangan yang Tewaskan Tentara AS di AfghanistanIni Dia Pemimpin Termuda Dunia
Laporan KhususSebaiknya, Dua Anggota KPU dan Dua Anggota Bawaslu Mambramo Raya Dipcat JAKARTA-Sebaiknya, dua anggota Koalisi Pemilihan Umum (KPU) dan dua anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ...


Tim Pelajar SD Indonesia Raih 11 Perak dan 11 Perunggu di IMSOKen Chaidian Pimpin MGKR DPD dan DPC Menolak Mubes MKGR Perkumpulan atau MKGR OrganisasiKPN Sail Nias Tiba Kembali di JakartaKontingen Pelantara 9 Gelar Kegiatan di LampungKRI Tanjung Kambani 971 Gelar Ritual Khatulistiwa Kontingen Pelantara 9 Saksikan Atraksi Lompat Batu