Selasa, 03 November 2015 - 13:45:22 WIB
KKP Salurkan Bantuan Kapal Kapasitas 12 GTKategori: Ekbis - Dibaca: 529 kali


Baca Juga:Wapres India Kunjungi ParlemenHakim tolak keberatan terdakwa pembunuh Engeline Agus Hermanto: Indonesia banyak merugi masuk TPP Sejumlah penumpang bertahan di Bandara Ngurah Rai

LEBAK-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan bantuan kapal berkapasitas 12 GT untuk memperkuat program Seribu Kampung Nelayan Tangguh Indah Mandiri atau "Sekaya Maritim" berlokasi di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak.

"Kami berharap bantuan kapal ini dapat meningkatkan produksi tangkapan ikan," kata Kepala Bidang Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak Winda Triana di Lebak, Senin.

Penyaluran bantuan kapal berkapasitas 12 GT guna mendorong swasembada ikan sehingga dapat mensejahterakan pendapatan nelayan.

Sebab jangkauan jelajah kapal tersebut bisa berlayar hingga 15 mil dari pantai Pesisir Binuangeun, Kabupaten Lebak.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan produksi tangkapan nelayan meningkat.

"Kami yakin bantuan kapal ini guna mendorong kesejahteraan nelayan," katanya.

Menurut dia, dari 3.600 nelayan Kabupaten Lebak kebanyakan menggunakan kapal motor tempel sehingga berdampak terhadap produksi tangkapan.

Kapal mesin tempel itu tentu daya jelajahnya hanya tiga mil dari pantai.

Untuk itu, bantuan kapal kapasitas 12 GT dipastikan tangkapan nelayan lebih banyak karena mereka bisa menempuh 15 mil.

"Kami minta kelompok nelayan yang mendapat bantuan kapal bisa merawat dengan baik," katanya.

Ia juga mengatakan Program Sekaya Maritim yang diluncurkan KKP itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi nelayan juga pendapatan masyarakat pesisir.

Pelaksanaan pembangunan Sekaya Maritim antara lain merealisasikan rehabilitasi sarana infrastuktur jalan desa dan jalan lingkungan menuju tempat pendaratan pelelangan ikan (PPI), drainase, sanitasi mandi, cuci, dan kakus (MCK).

"Kami minta pembangunan bantuan Sekaya Maritim yang dibiayai sebesar Rp3,5 miliar itu November ini sudah rampung," katanya. Din/Ant


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.