Sabtu, 15 Februari 2014 - 09:22:39 WIB
Abu Vulanik Gunung Kelud Serang BogorKategori: Daerah - Dibaca: 1229 kali


Baca Juga:Danyon Bekang-3/Rat Ditbekangad Pimpin Ziarah di TMP Kalibata Batalyon Bekang-3/Darat Ditbekangad Gelar Karya Bhakti Presiden SBY Ajak Masyarakat Bantu Kelompok Projo Pengaruhi Megawati Tentukan Capres 2014

BOGOR-Selain menyebar ke wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, abu vulkanik yang dihasilkan akibat letusan Gunung Kelud juga menyebar ke wilayah Jawa Barat. Selain Bandung, Sukabumi dan Cianjur, dikabarkan abu vulkanik juga menyebar ke wilayah Bogor.

Beberapa kendaraan yang milik warga yang berada di perumahan Vila Citra, Bogor Utara, dikabarkan terkena abu vulkanik. Alex Perdana (27), salah satu warga mengatakan tumpukan abu vulkanik mulai terlihat pada Jumat (14/2/2014) malam sekitar pukul 11.00 WIB.

"Mobil ini baru saja dicuci dan sudah tebal dengan abu. Dan debu memang berterbangan di udara," ujarnya.

Pantauan di lapangan, abu memang berterbangan di luar, dan tak hanya menutupi kap mobil saja, motor dan daun yang ada di sekitarnya juga tertutup abu vulkanik Gunung Kelud, walaupun tidak setebal di Bandung dan Cianjur.

Seperti diberitakan, letusan Gunung Kelud kali ini tergolong dahsyat. Material vulkanik terlempar setinggi 17 kilometer. Jutaan meter kubik material terlontar ke udara.

Debu dan pasir pada lapisan 1.500 meter terbawa ke arah timur laut, pada lapisan 5.000 meter ke arah barat laut dan pada 9.000 meter ke arah barat. Jarak pandang di berbagai kota pun terbatas.

Debu vulkanik bahkan mencapai Tasikmalaya dan Bandung di Jawa Barat. Di bagian timur hujan abu hingga Malang, Surabaya, Banyuwangi, dan Ampenan NTB. Ses/Inl


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.