Rabu, 13 Maret 2013 - 21:40:21 WIB
Satlak Prima Prihatin dengan Pelatnas EFIKategori: Olahraga - Dibaca: 1188 kali


Baca Juga:EFI Gelar Kualifikasi Pertama SEA Games 2013Tommy dan Lindaweni TersingkirTontonwi/Natsir Melangkah ke SemifinalMeriam Belina Rambah Dunia Politik

BANDUNG-Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) mengaku prihatin dengan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) equestrian yang digelar Equestrian Federation of Indonesia (EFI) yang terkendala oleh dana.

Hal itu disampaikan Koordinator cabang olahraga akurasi Satlak Prima, Selviana Hosen di sela-sela kualifikasi hari kedua/Qualifier cabang olahraga (cabor) equestrian jelang SEA Games 2013 di Detasemen Kavaleri Berkuda TNI-AD, Parongpong, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/3/2013).

Selviana berharap agar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo segera mencairkan bintang di langit guna kelangsungan Pelatnas equestrian berjalan baik. “Maksud dari mencairkan ‘bintang dilangit’ ialah mencairkan dana atau uang guna kelancaran pelatnas cabor equestrian. Untuk itu, Menpora kalau bisa segera mencairkan bintang di langit itu,” terang Selviana yang didampingi wakilnya Mimi.

‪Selviana menambahkan, bila ‘bintang’ tidak segera turun, maka dipastikan akan mengganggu persiapan atlet. Sebab, program yang sudah dirancang dipastikan tidak berjalan sesuai rencana. Jika,  semakin lama dana Pelatnas turun, kata Selviana, akan semakin menyulitkan Satlak Prima dalam mempersiapkan atlet. Padahal, di SEA Games ada target besar yang diemban, yaitu mempertahankan gelar juara umum.

‪”Demi kepentingan bangsa, saya berharap Menpora dapat berbaik hati segera mencairkan bintang. Apalagi, yang saya ketahui, EFI sudah menggelar Pelatnas SEA Games sejak 1 Februari 2013. Pelatnas tersebut diikuti 22 atlet hasil seleksi pada kejuaraan di Sentul, November 2012 dan di Cinta Indonesia Open (CIO) 2012 di APM Equestrian Center, Desember 2012. Jumlah tersebut tercatat masih 150 persen dari jumlah resmi yang nanti akan diberangkatkan ke Myanmar,” tuturnya.

‪Persiapan SEA Games 2013 sendiri sudah masuk pada persiapan khusus bagi 27 disiplin cabang olahraga yang menjalani Pelatnas sejak Oktober 2012. Sudah ada beberapa cabor yang melakukan try out ke luar negeri dan mendatangkan pelatih asing. Sedangkan bagi 12 disiplin cabor yang baru, Surat Keputusan (SK) dibuat Maret 2013 harus memulai dengan persiapan umum.

‪”Untuk try out, masih bersandar pada PB cabor dengan menalangi dulu dana perjalanan mereka. Nanti kalau bintang sudah cair, dana Pelatnas baru akan diganti. Itu pun tidak 100 persen penggantian dari yang diajukan, karena Prima punya standar baku untuk biaya perjalanan atlet, termasuk uang saku,” jelasnya.

‪Sementara itu, Manajer Pelatnas EFI, Prasetiono Sumiskum, mengatakan, sejauh ini, pihaknya baru menerima kasih sayang dari Menpora, tapi belum kasih bintang. Selain menunggu bintang jatuh, kami juga menunggu SK.  “Hanya berharap SK tersebut segera turun. Artinya, sepulang dari Myanmar pecan depan sudah ada SK-nya,” harap Prasetiono. Gan


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.