Minggu, 17 Mei 2020 - 20:00:22 WIB
PSSI Langgar Statuta PSSIKategori: Olahraga - Dibaca: 114 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Jumlah anggota Exco PSSI ada sebanyak 12 orang, yakni Yoyok Sukawi, Dirk Soplanit, Endri Erawan, Haruna Soemitro, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Ardianto Rahman, Pieter Tanuri, Sonhadji, Ahmad Riyadh, Hasani Abdul Gani, Yunus Nusi, Vivin Cahyani.

Tapi tahukah Anda dari 12 orang exco tersebut beberapa oranga yang bermasalah, bahkan sempat tersangkut masalah hukum. Yakni, Juni Ardianto Rahman yang pernah dipenjara selama empat bulan karena kasus  melakukan penganiayaan pada 2014 silam. 

Sesuai Statuta PSSI orang yang pernah tersangkut dengan masalah hukum apalagi dipenjara tidak bisa dipilih sebagai anggota Exco PSSI. Artinya, PSSI melanggar Statuta-nya (Statuta PSSI).

Menanggapi hal tersebut pengamat sepakbola nasional, Tommy Rusihan Arief mengkritik tajam kinerja PSSI. Tommy menegaskan masak PSSI melanggar aturannya sendiri alias statuta. "Itu tidak benar. Masak orang yang pernah tersangkut masalah hukum apalagi sempat jadi narapidana bisa dipilih menjadi anggota Exco PSSI. Di mana manajemen PSSI. Apakah sebelumnya tidak diperiksa data-datanya, atau dilakukan pet and propes test? PSSI menabrak statuta sendiri," jelas Tommy yang juga mantan Direktur Media PSSI era Djohar Arifin.

Tommy menambahkan, sebaiknya seluruh anggota Exco PSSI dikaji ulang. "Bila perlu diadakan Kongres ulang untuk mengganti para anggota Exco yang bermasalah. Mereka tahu ada kelemahan di situ, kenapa mereka diam saja. Mestinya merekakan bertindak. Ini malah membiarkan," ujar Tommy.

Sementara itu, soal Maaike Ira Puspita yang ditunjuk jadi Wakil Sekjen pada Januari 2020 lalu, Tommy juga angkat bicara. Menurutnya, tidak ada dalam Statuta PSSI, jabatan Wakil Sekjen. "Tidak ada jabatan wakil sekjen dalam Statuta PSSI. Ini juga gak benar. Jadi, PSSI di bawah Ketua Umum Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dan Wakil Ketua Umum Cucu Soemantri sudah bagus. Kita harus mendukung mereka sebagai duet Polri dan TNI. Jadi agar PSSI ke depan lebih baik semua yang melanggar statuta PSSI harus diperbaiki," jelas mantan wartawan senior dan Wakil Ketua BASRI ini. 


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.