Rabu, 18 Maret 2020 - 07:27:51 WIB
Mendagri Minta Kepala Daerah Kurangi Perjalanan DinasKategori: Nasional - Dibaca: 12 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyangkut optimalisasi penanganan dampak virus Corona (COVID-19) di daerah.

Sebagaimana diketahui Presiden Jokowi di Istana Bogor pada Senin 16 Maret 2020 meminta masyarakat mengurangi intensitas mobilitas, mengupayakan bekerja dari rumah namun juga memastikan agar fungsi pemerintahan dan pelayanan masyarakat oleh pemerintah pusat dan daerah tetap berlangsung.

Untuk menindaklanjuti arahan tersebut, Pada Selasa (17/3/2020) hari ini, Mendagri selaku Pembina dan Pengawas Pemerintah Daerah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 440/2436/SJ tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di lingkungan pemerintah daerah. Surat edaran ini ditujukan ke seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia.

 

"Dalam surat tersebut Mendagri Tito meminta seluruh kepala daerah untuk merevisi anggaran dan penjadwalan ulang capaian program, utamanya, termasuk mengurangi biaya rapat, seminar, biaya perjalanan dinas bagi seluruh aparat Pemda di seluruh Indonesia," kata Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Selasa (17/3/2020).

Seluruh kepala daerah, DPRD tingkat propinsi dan kabupaten serta aparatur sipil negara (ASN) juga harus menyesuaikan sistem kerja dan dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja dari rumah (work from home). Penyesuaian sistem kerja ini harus mengacu pada SE MenPan-RB Nomor 19/2020 tanggal 16 Maret 2020.

Namun demikian, Mendagri mengingatkan agar minimal dua level pejabat struktural tertinggi pemda tetap masuk kantor. Ini untuk memastikan arahan Presiden agar roda pemerintahan dan fungsi pelayanan publik ke masyarakat tetap berlangsung.

Disamping itu Mendagri meminta Kepala Daerah melakukan pemetaan dan pendataan daerah yang terdampak COVID-19.

Tito juga meminta para Kepala Daerah untuk sigap menjaga stabilitas harga-harga di wilayahnya masing-masing dan menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat.

 

0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (196596)Menikah di Bali (28234)Tampil di Jakarta (27002)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (16439)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (14496)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (14089)Indonesia Andalkan Empat Pewushu di 7th Sanda World Cup 2014 (13841)Profil Susi Pudjiastuti (12447)Wawarinka Melangkah ke Perempat Final (11934)Ketua DPR RI terima dirjen badan nuklir internasiona (11135) INTERNASIONALChina Nol Kasus Baru Corona di WuhanBEIJING-China untuk pertama kalina tidak mencatat kasus (nol kasus) baru virus corona ...


Cegah Penyebaran Virus Corona, Australia Larang Masuk Semua WNARatu Elizabeth Batalkan Pesta karena Virus CoronaCegah Corona, Saudi Hentikan Sementara Salat Lima Waktu di MasjidWabah Corona Membunuh 1.809 Orang di ItaliaHadapi Provokasi Iran, AS Tempatkan Dua Kapal Induk di Teluk Persia4.973 Tewas karena Corona, 69.142 SembuhCOVID -19 Menyebar di Eropa, Menteri dan 5 Anggota Parlemen Prancis Dinyatakan Positif
Laporan KhususThailand Umumkan Kasus Pertama Penularan Virus Corona AntarmanusiaBangkok-Otoritas Thailand mengumumkan kasus pertama penularan virus corona dari manusia ke ...


Sebaiknya, Dua Anggota KPU dan Dua Anggota Bawaslu Mambramo Raya Dipcat Tim Pelajar SD Indonesia Raih 11 Perak dan 11 Perunggu di IMSOKen Chaidian Pimpin MGKR DPD dan DPC Menolak Mubes MKGR Perkumpulan atau MKGR OrganisasiKPN Sail Nias Tiba Kembali di JakartaKontingen Pelantara 9 Gelar Kegiatan di LampungKRI Tanjung Kambani 971 Gelar Ritual Khatulistiwa