Selasa, 17 Maret 2020 - 12:30:57 WIB
Langkah Mensos Percepat Pencairan Dana PKH TepatKategori: Nasional - Dibaca: 13 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara mengeluarkan kebijakan untuk mempercepat pencairan dana program bantuan sosial PKH (Program Keluarga Harapan). Langkah ini diambil untuk mengantisipasi dampak ekonomi akibat wabah Corona atau Covid-19.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ihsan Yunus menilai langkah Mensos sudah tepat. "Alhamdulillah, Pemerintah (Kementerian Sosial) gerak cepat merespons pandemi ini. Memang dibutuhkan terobosan cepat seperti ini, mengingat ini kan force majeur," ungkap Ihsan Yunus, Selasa (17/3/2020). 

Wakil Ketua Komisi yang membidangi sosial agama dan kebencanaan ini juga menyebut bahwa pandemi Corona berpotensi menyerang kekuatan ekonomi keluarga. "Corona ini penyakit yang timbulkan multiplier effect sampai ke ekonomi. Saat demand kebutuhan pokok tinggi seperti sekarang, harga bahan pokok kan mulai merangkak. Daya beli masyarakat harus dijaga. Apalagi keluarga miskin, bisa bayangkan coba. Maka dari itu pencairan PKH tahap II ini patut didorong, agar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa terjaga daya belinya. Kalau mampu beli bahan pokok, asupan gizinya kan cukup. Insyaallah lebih kuat tubuhnya hadapi virus-virus itu," tambahnya.

Menurutnya, dampak dari pandemi virus Corona dipastikan akan menggoncang ekonomi keluarga. "Mau beli ini terbatas, beli itu susah. Makanya uang PKH di rekening segera dikelola KPM untuk belanja kebutuhan pokok dalam hadapi situasi pandemi ini biar semua sehat," ungkapnya.

Politikus PDI Perjuangan ini juga menyebut Komisi VIII akan memastikan proses pencairan ini berjalan dengan cepat dan tepat sasaran. "Saya dan teman-teman Komisi VIII pastikan pencairannya berjalan cepat dan tepat sasaran. Saya sudah koordinasi dengan Pak Menteri, sudah satu frekuensi kita. Intinya cepat eksekusi kata Pak Menteri. Cocok lah kalau begitu," kata Ihsan.

PKH merupakan program bansos dari pemerintah untuk rakyat miskin berupa bantuan langsung ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM mendapatkan bantuan tiap 3 bulan sekali yang biasanya direalisasi pada Januari, April, Juli, dan Oktober. Khusus menghadapi pandemi Corona ini, Mensos mempercepat pencairan yang seharusnya April menjadi Maret ini kepada lebih dari 9 juta KPM.


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (196596)Menikah di Bali (28234)Tampil di Jakarta (27002)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (16439)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (14496)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (14089)Indonesia Andalkan Empat Pewushu di 7th Sanda World Cup 2014 (13841)Profil Susi Pudjiastuti (12447)Wawarinka Melangkah ke Perempat Final (11934)Ketua DPR RI terima dirjen badan nuklir internasiona (11135) INTERNASIONALChina Nol Kasus Baru Corona di WuhanBEIJING-China untuk pertama kalina tidak mencatat kasus (nol kasus) baru virus corona ...


Cegah Penyebaran Virus Corona, Australia Larang Masuk Semua WNARatu Elizabeth Batalkan Pesta karena Virus CoronaCegah Corona, Saudi Hentikan Sementara Salat Lima Waktu di MasjidWabah Corona Membunuh 1.809 Orang di ItaliaHadapi Provokasi Iran, AS Tempatkan Dua Kapal Induk di Teluk Persia4.973 Tewas karena Corona, 69.142 SembuhCOVID -19 Menyebar di Eropa, Menteri dan 5 Anggota Parlemen Prancis Dinyatakan Positif
Laporan KhususThailand Umumkan Kasus Pertama Penularan Virus Corona AntarmanusiaBangkok-Otoritas Thailand mengumumkan kasus pertama penularan virus corona dari manusia ke ...


Sebaiknya, Dua Anggota KPU dan Dua Anggota Bawaslu Mambramo Raya Dipcat Tim Pelajar SD Indonesia Raih 11 Perak dan 11 Perunggu di IMSOKen Chaidian Pimpin MGKR DPD dan DPC Menolak Mubes MKGR Perkumpulan atau MKGR OrganisasiKPN Sail Nias Tiba Kembali di JakartaKontingen Pelantara 9 Gelar Kegiatan di LampungKRI Tanjung Kambani 971 Gelar Ritual Khatulistiwa