Minggu, 15 Maret 2020 - 19:15:25 WIB
Hadapi Provokasi Iran, AS Tempatkan Dua Kapal Induk di Teluk PersiaKategori: Internasional - Dibaca: 89 kali


Baca Juga:

IRAK-Pasca-diserangnya pangkalan militer Amerika Serikat di Taji dekat Baghdad, Irak, pihak militer AS bakal tempatkan dua kapal induk di wilayah Teluk Persia. Dua kapal induk yang akan ditempatkan di Teluk Persia adalah USS Eisenhower dan USS Truman. 

Penempatan kapal induk ini bertujuan untuk mencegah Iran mengambil tindakan balasan lewat serangan udara terhadap instalasi militer AS di Irak. 

"Kami akan menempatkan kapal induk untuk sementara waktu, ini memberi sinyal kepada Iran bahwa pembalasan akan membawa respons besar-besaran," kata Komandan Sentral AS (Centcom) Jenderal Marinir Frank Mc Kenzie, seperti dikutip Presstv, Minggu (15/3/2020).

Sebelumnya, pada beberapa waktu lalu milisi sekutu Iran termasuk Kataeb Hezbollah menembakkan sebanyak 18 roket kecil ke kamp militer Amerika Serikat di Camop Taji, di utara Baghdad Irak pada Rabu kemarin. Camp Taji merupakan pangkalan di Irak tempat menampung pasukan Koalisi pimpinan AS.

Akibat serangan roket itu, dua personel tentara AS dan satu personel tentara Inggris serta sekitar 12 orang terluka. 
Di sisi lain, Mc Kenzie percaya Teherann akan berusaha untuk memprovokasi pasukan Irak untuk mengambil tindakan terhadap fasilitas-fasilitas AS di wilayah itu.

"Saya akan memperingatkan Iran, saya pikir ancamannya tetap sangat tinggi," tegasnya.

Militer AS mencoba merusak serangan rudal balistik Iran yang merusak terhadap pangkalan udara militer Al-Asad yang diduduki AS di provinsi Anbar Irak pada 8 Januari lalu yang sempat mengejutkan pasukan AS. 

Ia mengungkapkan militer AS berusaha mencoba melemahkan kemampuan militer Iran setelah pasukan AS membunuh komandan pasukan Quds anti-teror Iran, Jenderal Qasseme Soleimani pada awal Janurai lalu selama kunjungan ke ibuota Irak di Baghdad.  RRI


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.