Rabu, 04 Maret 2020 - 13:55:16 WIB
ABK Diamond Princess Diturunkan di Pulau SebaruKategori: Polhukam - Dibaca: 58 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Sebanyak 69 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Kapal Pesiar Diamond Princess hari ini akan diturunkan dari KRI dr. Soeharso ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Hari ini secara bertahap akan diturunkan, tapi ada satu orang yang ditahan di Kapal," ungkap Juru Bicara Penanganan Virus Corona (COVID-19) sekaligus Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto saat memberikan keterangan di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Achmad mengatakan, satu orang yang dilakukan tes spesimen ulang ini mengeluhkan batuk. Sehingga diputuskan akan dilakukan tes spesimen ulang oleh Kemenkes. "Karena beberapa hari lalu dia mengeluh batuk. Oleh karena itu akan kita ambil lagi spesimennya. Tapi yang lainnya aman," jelasnya.

Dia mengatakan, ABK Kapal Pesiar Diamond Princess baru hari ini diturunkan dari kapal karena masih menunggu hasil laboratorium. "ABK Kapal Diamond Princess jumlahnya 69 WNI kemaren belum sempat diturunkan karena memang laboratoriumnya belum selesai. Ini sekarang tes spesimen laboratoriumnya sudah selesai dan kita turunkan mereka ke Pulau Sebaru," kata Achmad. 

Achmad menegaskan, dari 69 ABK sejauh ini tidak menunjukkan gejala virus corona. "Keseluruhannya tidak ada keluhan terkait dengan related ke arah COVID-19. Tidak ada keluhannya, hanya memang karena di kapal ada keluhan memang senyaman-nyamannya di kapal akan nyaman di Pulau," katanya.

Dia pun mengharapkan proses penurunan ABK ini dan hasil tes spesimen satu orang akan selesai pada esok hari. "Dan mudah-mudahan akan clear besok, paling tidak kita sudah clear semuanya. Dan ini tidak masalah karena kapal itu berada di lepas Pantai Sebaru. Sehingga kita lihat-lihatan dengan mereka juga bisa. Tidak ada masalah," tegas Achmad. Sin


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.