Selasa, 18 Februari 2020 - 19:58:12 WIB
Empat Jet Tempur Siluman F-35 Keluyuran di Langit IslandiaKategori: Internasional - Dibaca: 33 kali


Baca Juga:

OSLO-Empat jet tempur siluman F-35 Norwegia keluyuran di wilayah udara atau langit Islandia sejak pekan lalu. Pesawat-pesawat tempur canggih itu tengah menjalankan misi patroli udara atas mandat NATO.

Itu merupakan misi pertama F-35 Norwegia di luar negeri. "Ini berarti bahwa kami siap untuk misi baik di dalam maupun luar negeri," kata Kepala Pertahanan Udara Norwegia, Tonje Skinnarland, seperti dikutip dari NRK, Senin (17/2/2020).

Tiga pesawat F-35 kiriman pertama dari Lockheed Martin Amerika Serikat (AS) tiba pada musim gugur 2017. Negara itu kini memiliki 15 unit pesawat F-35.

"Saya percaya itu misi yang sangat penting, karena itu misi pertempuran. Akhirnya, kami bisa melakukan tugas tempur, yang sudah lama kami latih," kata Letnan Kolonel Ståle Nymoen, komandan Skuadron 332 di pangkalan Orland.

Misi patroli udara Norwegia di atas wilayah Islandia diklaim sebagai pengintaian udara. Islandia tidak memiliki pertahanan udara sendiri.

Sejak 2006, ketika Amerika menarik diri dari pangkalan yang mereka miliki di pulau itu selama bertahun-tahun, anggota NATO mengambil alih secara berotasi. Sekarang ini giliran Norwegia.

"Kita harus siaga dengan dua pesawat dan mampu, atas perintah NATO, scramble dan mengidentifikasi pesawat yang masuk, baik itu pesawat sipil, militer, atau lainnya," ujar Nymoen.

Angkatan Udara Norwegia mengatakan misi ini akan berlangsung tiga minggu, dan akan berada di sisi yang aman. Menurut Angkatan Udara tersebut, total sekitar 150 personel akan dikirim untuk mengoperasikan empat pesawat tempur siluman tersebut selama misi patroli udara berlangsung.

“Kami membawa beberapa kru tambahan untuk pertama kalinya, jika sesuatu yang tidak terduga terjadi. Lebih banyak personel diperlukan untuk mendukung F-35 daripada F-16," ujar Nymoen.

Norwegia berkontribusi dalam misi pengawasan udara di Islandia dan Lithuania. Terakhir kali jet Norwegia terbang di atas Islandia pada 2016. Kala itu, F-16 yang menjalankan misi.

“Ini misi yang sudah biasa, kami sudah melakukannya beberapa kali sebelumnya dengan F-16. Hal yang baru adalah tepatnya F-35, dan bukan hanya pengoperasian F-35 di udara, tetapi penyebaran pasukan F-35 ke negara lain," imbuh Skinnarland.

F-16 Oslo masih digunakan untuk misi Peringatan Reaksi Cepat (QRA) di Norwegia. Rencananya F-35 akan mengambil alih sepenuhnya. Jet tempur baru diharapkan akan beroperasi penuh pada tahun 2025.

Norwegia akan memiliki 52 unit F-35 sebagai pengganti armada F-16 yang menua, yang sebagian mulai pensiun tahun 2019. Bin


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (196596)Menikah di Bali (28234)Tampil di Jakarta (27002)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (16439)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (14496)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (14089)Indonesia Andalkan Empat Pewushu di 7th Sanda World Cup 2014 (13862)Profil Susi Pudjiastuti (12448)Wawarinka Melangkah ke Perempat Final (11935)Ketua DPR RI terima dirjen badan nuklir internasiona (11149) INTERNASIONALChina Nol Kasus Baru Corona di WuhanBEIJING-China untuk pertama kalina tidak mencatat kasus (nol kasus) baru virus corona ...


Cegah Penyebaran Virus Corona, Australia Larang Masuk Semua WNARatu Elizabeth Batalkan Pesta karena Virus CoronaCegah Corona, Saudi Hentikan Sementara Salat Lima Waktu di MasjidWabah Corona Membunuh 1.809 Orang di ItaliaHadapi Provokasi Iran, AS Tempatkan Dua Kapal Induk di Teluk Persia4.973 Tewas karena Corona, 69.142 SembuhCOVID -19 Menyebar di Eropa, Menteri dan 5 Anggota Parlemen Prancis Dinyatakan Positif
Laporan KhususThailand Umumkan Kasus Pertama Penularan Virus Corona AntarmanusiaBangkok-Otoritas Thailand mengumumkan kasus pertama penularan virus corona dari manusia ke ...


Sebaiknya, Dua Anggota KPU dan Dua Anggota Bawaslu Mambramo Raya Dipcat Tim Pelajar SD Indonesia Raih 11 Perak dan 11 Perunggu di IMSOKen Chaidian Pimpin MGKR DPD dan DPC Menolak Mubes MKGR Perkumpulan atau MKGR OrganisasiKPN Sail Nias Tiba Kembali di JakartaKontingen Pelantara 9 Gelar Kegiatan di LampungKRI Tanjung Kambani 971 Gelar Ritual Khatulistiwa