Rabu, 12 Februari 2020 - 16:54:36 WIB
Operasi Lintas Panah 2020 Dipusatkan di KupangKategori: Daerah - Dibaca: 50 kali


Baca Juga:

KUPANG-TNI AU kerahkan Sukhoi dan Heli Puma dalam rangka operasi pengamanan perbatasan. Empat unit pesawat tempur Sukhoi TS 30 dan satu helikopter Super Puma TNI AU dari Skuadron Udara 11 Makasar dipimpin komandan Letkol (Pnb) Wanda Surijohansyah dalam rangka operasi Lintas Panah 2020 tiba di Pangkalan Angkatan Udara Eltari, Kupang, NTT.

Hal itu disampaikan Komandan Landasan Udara (Danlanud) Eltari Kupang, Kolenel (Pnb) Agus Setiawan, Rabu (12/2/2020).

"Operasi Lintas Panah 2020 berupa pengamatan dan pengintaian udara di wilayah perbatasan selatan Indonesia antara Pulau Rote dan Australia, serta wilayah Kabupaten Alor dengan Timor Leste dari berbagai gangguan keamanan di perbatasan," ujar Danlanud Eltari Kupang Kolonel (Pnb) Agus Setiawan.

Sementara itu, Komandan Skuadron Udara 11 Makasar Letkol (Pnb) Wanda Surijohansyah menegaskan, Operasi Lintas Panah 2020 adalah memang digelar setiap tahun sebagai wujud pola pertahanan negara menghadapi kemungkinan adanya pihak yang ingin mengganggu kedaulatan NKRI.

"Operasi nantinya berupa pengamatan dari udara apakah ada gerakan separatisme, Illegal Fishing, Illegal Logging, maupun pelanggaran lainnya di perbatasan yang mengganggu wilayah kedaulatan NKRI," kata Letkol (Pnb) Wanda Surijohansyah.

Sedangkan Gubernur NTT yang diwakili Asisten 1 Setda NTT Jamaludin Ahmad mengatakan, pemerintah memberi apresiasi dan rasa bangga kepada TNI Angkata Udara, bahwa operasi semacam ini dapat memberikan tekanan kepada pelanggar perbatasan atau siapapun yang hendak merugikan negara ini.

"Selain itu, kehadiran empat unit Pesawat Sukhoi dan satu Helikopter Super Puma dapat memberi motivasi khususnya kepada generasi muda mengenai rasa mempertahankan NKRI," pungkasnya. Bin


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.