Senin, 23 Desember 2019 - 17:56:36 WIB
Jet Tempur J-15 China Mulai Lepas Landas dari Kapal Induk ShandongKategori: Internasional - Dibaca: 85 kali


Baca Juga:

BEIJING-Media China menunjukkan video pesawat-pesawat jet tempur J-15 mulai lepas landas dari kapal induk Shandong. Kapal buatan dalam negeri itu resmi beroperasi pada 17 Desember lalu.

Jet tempur J-15 adalah pesawat tempur generasi keempat yang juga buatan dalam negeri China. Menurut laporan saluran CCTV7 yang dilansir Sputniknews, Senin (23/12/2019), beberapa pesawat J-15 mulai berlatih lepas landas dan mendarat di atas kapal.

Baik J-15 maupun Shandong sama-sama dibangun berdasarkan pesawat dan kapal induk Soviet. J-15 diproduksi dengan meniru desain jet tempur Su-33, sedangkan Shandong meniru desain Project 1143 atau kapal induk kelas Kuznetsov.

Saat ini, Rusia memiliki satu-satunya kapal Project 1143, yakni Admiral Kuznetsov, yang telah berpartisipasi dalam operasi militer Rusia di Suriah. Kapal itu baru-baru ini mengalami kebakaran di sebuah galangan kapal di Rusia yang menyebabkan dua orang tewas.

Beijing bisa meniru jet tempur dan kapal induk Soviet itu karena membelinya dari Ukraina.

Shandong, yang konstruksinya dimulai pada 2013, adalah kapal induk pertama yang sepenuhnya dibangun di dalam negeri China. Kapal ini, dapat membawa 24 unit bukan 36 unit jet tempur J-15 seperti yang dilaporkan media China sebelumnya.

Dengan beroperasinya Shandong, China memiliki dua kapal induk aktif termasuk Liaoning yang dibeli dari Ukraina. "Rasio standar jet tempur berbasis kapal induk dengan pilot adalah (2:3)," kata pakar angkatan laut yang berbasis di Beijing, Li Jie.

"Shandong tidak akan memiliki banyak jet tempur karena baru saja memasuki masa commissioning awal," ujarnya, seperti dikutip South China Morning Post. Sin


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.