Selasa, 12 November 2019 - 12:50:10 WIB
Ratusan Warga Bogor Serbu Kereta Rail Clinic dan LibraryKategori: Ibu Kota - Dibaca: 50 kali


Baca Juga:

BOGOR-Sebanyak 310 warga Cigombong, Kabupaten Bogor menyerbu stasiun Cigombong untuk mengakses layanan kesehatan dan pendidikan gratis yang disediakan PT KAI Daop 1 Jakarta, berupa Kereta Rail Clinic dan Rail Library, Selasa (12/11/2019).

Berdasarkan pantauan warga tampak antusias mengakses layanan kesehatan dan pendidikan gratis yang fasilitasnya semua tersedia di rangkaian Kereta Rail Clinic dan Rail Library. Meski acara baru dimulai pukul 08.30 WIB, mereka sudah datang dua jam sebelumnya.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah menjelaskan Stasiun Cigombong merupakan satu dari empat Stasiun yang sengaja dijadikan sasaran bakti sosial dengan menghadirkan Rail Clinic dan Rail Library.

"Jadi dalam satu tahun ini, Kereta Rail Clinic yang memang dihadirkan khusus untuk pelayanan kesehatan ini beroperasi di empat lokasi atau empat kali bakti sosial. Cigombong merupakan tempat ketiga, sebelumnya di Cisaat dan Karawang. Rencana Minggu depan di Stasiun Walantaka, Banten," ujar Dadan di hadapan ratusan warga Cigombong.

Pihaknya berjanji, kereta yang memang disediakan khusus untuk melayani kesehatan gratis bagi masyarakat di Jawa dan Sumatera ini akan terus beroperasi ke setiap pelosok. "Kita memiliki empat set Kereta Rail Clinic dan Rail Library itu tersebar di seluruh Jawa dan Sumatera. Untuk Daop 1 Jakarta, hanya satu set dengan operasi sesuai jadwal yaitu empat kali," ujarnya.

Ia juga menyatakan Rail Clinic generasi terbaru yakni keempat ini menyiagakan tim kesehatan sebanyak 28 personel, terdiri dari lima dokter umum, satu dokter gigi, satu ahli mata/optik, dua tenaga laboratorium, 17 personel termasuk perawat dan apoteker.

"Selama melayani kesehatan menggunakan Kereta Rail Clinic ini sebagian besar masyarakat atau pasien yang berobat itu adalah ibu hamil dan anak, dengan keluhan beragam," jelasnya.

Sementara itu, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menambahkan dari kegiatan bakti sosial kali ini, selain kegiatan layanan gratis, juga membagikan kacamata gratis untuk 60 anak yang berasal dari empat SDN Cigombong.

Berobat Gratis, Ratusan Warga Bogor Serbu Kereta Rail Clinic dan Library


"Bahkan khusus ibu hamil, kita juga memberikan gizi tambahan kepada 40 ibu hamil, pembagian 300 paket sembako kepada warga yang memeriksakan kesehatan serta sosialisasi keselamatan perjalanan Kereta Api di Daop 1 Jakarta, khususnya di Lintas Bogor-Sukabumi," ungkapnya.

Sekedar diketahui, kata dia, sejak Rail Clinic generasi pertama diluncurkan pada Desember 2015 lalu, PT KAI terus berinovasi dalam mengembangkan layanan Rail Clinic hingga pada generasi keempat yang diluncurkan pada September 2017 juga menghadirkan Library (kereta perpustakaan).

"Jadi Rail Clinic dan Rail Library sebagai bentuk kegiatan tanggung jawab sosial PT KAI kepada masyarakat. Untuk Rail Library didalamnya terdapat perpustakaan manual dan beragam buku untuk anak-anak hingga pengetahuan umum," jelasnya.


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (196411)Menikah di Bali (27746)Tampil di Jakarta (26780)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (16347)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (14279)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (13960)Nurul Arifin: JK Tutup Pintu Buat Saya (12797)Profil Susi Pudjiastuti (12332)Wawarinka Melangkah ke Perempat Final (11870)Khloe Kardashian Siap Ceraikan Lamar Odom (11654) INTERNASIONALPolandia Beli 32 Jet Tempur Siluman F-35 ASWARSAWA-Polandia memastikan membeli 32 unit pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning ...


Virus Wuhan Kacaukan Acara ImlekAbu Sayyaf Culik 5 WNI, Menlu RI Panggil Wakil Malaysia dan FilipinaKonflik Natuna dan Klaim Laut China Selatan Bikin ASEAN MeradangChina Resmi Tugaskan Kapal Perang Terbesar di AsiaLa Catrina, Bos Cantik Geng Narkoba Ditembak Mati Polisi MeksikoKata Mahathir, Israel Harus Diadili ICC karena 3 AlasanJet Tempur J-15 China Mulai Lepas Landas dari Kapal Induk Shandong
Laporan KhususSebaiknya, Dua Anggota KPU dan Dua Anggota Bawaslu Mambramo Raya Dipcat JAKARTA-Sebaiknya, dua anggota Koalisi Pemilihan Umum (KPU) dan dua anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ...


Tim Pelajar SD Indonesia Raih 11 Perak dan 11 Perunggu di IMSOKen Chaidian Pimpin MGKR DPD dan DPC Menolak Mubes MKGR Perkumpulan atau MKGR OrganisasiKPN Sail Nias Tiba Kembali di JakartaKontingen Pelantara 9 Gelar Kegiatan di LampungKRI Tanjung Kambani 971 Gelar Ritual Khatulistiwa Kontingen Pelantara 9 Saksikan Atraksi Lompat Batu