Kamis, 26 September 2019 - 14:22:23 WIB
Lima Anggota BPK Terpilih Lewat VotingKategori: Polhukam - Dibaca: 33 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Komisi XI DPR akhirnya memilih lima anggota BPK melalui voting di ruang rapat Komisi XI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

“Dengan ini sudah terjaring lima dan sudah disetujui,” kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Supriyatno saat memimpin rapat. Kelima anggota BPK periode 2019-2024 yang terpilih itu adalah Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Ahsanul Qosasih, dan Harry Azhar Azis.

Voting dilakukan oleh 56 anggota Komisi XI yang dari 10 fraksi. Setelah masing-masing anggota Komisi XI memberikan suara, dilakukanlah penghitungan. Pius tercatat paling banyak mendapatkan suara yakni 43 suara. Disusul Daniel Lumban Tobing 41 suara. Kemudian Hendra Susanto 41 suara, Ahsanul Qosasih 31 suara, dan Harry Azhar Azis 29 suara. “Kelima orang ini akan diumumkan secara resmi di rapat paripurna pada 26 September 2019,” katanya.

Sebelumnya, Komisi XI DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 55 calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Wakil Ketua Komisi XI DPR Juliari P Batubara memimpin fit and proper tersebut. Menurut dia, dari 55 calon itu akan dipilih lima orang yang memiliki kriteria khusus dan memahami tugas BPK. Nantinya, lima calon terpilih ini akan dibawa ke rapat paripurna. “Lima calon anggota itu besok akan dibawa ke rapat paripurna,” tandasnya.

Seperti diketahui, pemilihan anggota BPK oleh Komisi XI DPR pada Kamis 19 September 2019 malam sempat batal dilaksanakan. Rapat Pleno Komisi XI memutuskan menggelar fit and proper test terhadap 30 calon yang belum pernah mengikuti uji kelayakan ini di Komisi XI. Dengan demikian, 62 calon yang mendaftar dipastikan diberikan kesempatan untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Oke


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.