Minggu, 15 September 2019 - 12:56:25 WIB
Kontingen Pelantara 9 Hadir Dalam Acara Puncak Sail Nias 2019Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 51 kali


Baca Juga:

NIAS SELATAN-Rangkaian kegiatan Sail Nias 2019, yang telah dimulai sejak beberapa bulan lalu, akhirnya mencapai puncaknya hari ini, Sabtu (14/9/2019) dengan sebuah perayaan meriah yang berlangsung di Dermaga Baru, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Perayaan puncak Sail Nias tahun 2019 dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Koordiantor Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menkumham Yasonna H. Laoly, Menpar Aief Yahya, Mendes Eko Putro Sandjoyo, dan Menteri KP Susi Pudjiastuti.

 Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda IGP Raka Pariana berpose bersama anggota kontingen KPN saat acara puncal Sail Nias 2019.

Selain sejumlah menteri, acara puncak Sail Nias 2019 juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Bupati Nias Selatan, Hialrius Duha, jajaran pejabat di lingkungan pemerintah daerah Nias Selatan, sejumlah petinggi TNI Angkatan Laut, anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan dan sejumlah duta besar negara sahabat serta ribuan masyarakat Nias Selatan.

Sejak pagi ribuan masyarakat Nias Sekatan sudah berdatangan ke lokasi puncak acara untuk menyaksikan momen langka yang mungkin sulit terulang di Tanah Nias.

Selain para menteri, pejabat pemda Sumut dan Nias Selatan dan petinggi TNI Angkatan Laut, acara puncak Sail Nias juga dihadiri kontingan Pelayaran Lingkar Nusantara tahun 2019 (Pelantara 9) yang di dalamnya terdiri dari satuan tugas Kapal Nusantara (KPN) dari Kemepora, Satgas Bela Negara dari Kemenhan dan satuan tugas Saka Bahari dari TNI Angkatan Laut.

Acara yang berpusat di Dermaga Baru Teluk Dalam itu dimulai tidak lama setelah rombongan Menko Kemaritiman yang bertindak mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB.

Meski acara baru dimulai pukul 10.30 WIB, tetapi sejak pagi area Dermaga Baru sudah dipadati masyarakat setempat yang ingin menyaksikan even langkah berkelas internasional itu.

Pantauan Inakoran.com di arena acara terlihat, ratusan wisatawan mancanegara juga nampak hadir di lokasi acara sejam sebelum rombongan menteri tiba.Mereka berbaur dengan masyarakat lokal dan nampak sekali mereka sangat menikmati hiburan berupa paduan suara yang dibawakan oleh ratusan siswa/i SMP dan SMA se-Kabuaten Nias Selatan.

Selain penampilan paduam suara, acara puncak juga dimeriahkan dengan penampilan tarian perang yang dibawakan ratusan remaja lelaki yang diiringi tarian oleh remaja perempuan.

Namun, dari semua pentas seni yang tampil saat itu, yang paling banyak menyita perhatian ribuan hadirin adalah atraksi lompat batu yang dilakukan sekitar seratusan remaja Nias Selatan.

Atraksi itu begitu memukau dan sangat fenimenal sehingga berhasil memecahkan rekor MURI dengan jumlah pelomnpat terbanyak dalam sejarah atraksi lompat batu di Nias Selatan.

Serangkaian atraksi hari puncak Sail Nias ditutup dengan atraksi pesawat tempur yang dilakukan TNI Angkatan Udara di atas langit-langit Teluk Dalam.Sekitar pukul 14.15 WIB rombongan Pelantara 9 akhirnya mulau meninggalkan arena puncak Sail Nias menuju Lanal di dekat Pantai Baloho sambil menunggu waktu untuk naik KRI Tanjung Kambani, guna meneruskan perjalanan menuju Lampung yang merupakan tempat persinggahan terakhir sebelum balik ke Jakarta. Jok

 


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.