Jumat, 09 Agustus 2019 - 14:50:31 WIB
Menteri Pertahanan AS Kunjungi Korea SelatanKategori: Internasional - Dibaca: 161 kali


Baca Juga:

SEOUL-Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper, mengunjungi Korea Selatan (Korsel) sebagai bagian dari perjalanan internasional pertamanya sejak diangkat. Tiba di Korsel pada Kamis malam, Esper dihadapi pada serangkaian permasalahan mulai dari ketegangan antara Seoul dan Tokyo, hingga berapa banyak biaya yang harus dibayar Korsel untuk pasukan AS yang ditempatkan di sana.

Selama di Korsel, Esper dijadwalkan akan bertemu dengan para pemimpin senior Korsel pada Jumat (9/8/2019). Jika permasalahan dua negara sekutu AS timbul dalam pertemuannya di Seoul, Esper kemungkinan akan mengulangi pernyataannya bahwa Korsel dan Jepang harus mengurangi ketegangan dan fokus pada tantangan yang dimunculkan oleh Korea Utara (Korut) dan China seperti dikutip dari Reuters.

Korsel mengatakan sedang menjajaki semua opsi dalam sengketa perdagangan sengit dengan Jepang, termasuk membatalkan pakta berbagi intelijen.

Perjanjian tersebut, Perjanjian Keamanan Umum Informasi Militer (GSOMIA), memfasilitasi pertemuan intelijen tiga arah dengan Washington, yang sangat penting dalam menangkal ancaman nuklir dan rudal Korut. Kesepakatan ini diperpanjang secara otomatis setiap tahun pada 24 Agustus.

Esper tiba di Seoul sehari setelah Presiden Donald Trump mengatakan Korsel setuju untuk membayar lebih banyak untuk menanggung biaya yang dibutuhkan untuk penempatan 28.500 tentara AS di Korsel dan bahwa pembicaraan sedang dilakukan untuk membahas masalah ini. 

Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri Korsel mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa negosiasi belum dimulai. Selain itu kunjungan ini terjadi setelah Korut melakukan serangkaian uji coba rudal baru-baru ini. Bil


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.