Senin, 22 Juli 2019 - 14:50:44 WIB
Warga Selandia Baru Serahkan Lebih 10.000 Pucuk SenjataKategori: Internasional - Dibaca: 185 kali


Baca Juga:

SYDNEY-Warga Selandia Baru menyerahkan lebih dari 10.000 senjata, suku cadang, dan aksesori senjata dalam pekan pertama program pembelian kembali oleh pemerintah. Kebijakan pembelian kembali senjata itu diambil setelah penembakan massal terburuk di Selandia Baru yang menewaskan 51 orang. Data terbaru jumlah persenjataan yang diserahkan warga itu dirilis kemarin.

Undang-undang reformasi senjata yang disahkan April lalu melarang sebagian besar senjata semiotomatis, suku cadang yang bisa mengubah senjata api menjadi semiotomatis, magazin dengan kapasitas tertentu, dan beberapa senapan berburu. Para pemilik senjata mendapat waktu hingga 20 Desember untuk menyerahkan senjata mereka dan pemerintah menyediakan anggaran hingga 95% dari harga pembelian senjata itu. 

Pembelian kembali senjata itu dilakukan empat bulan setelah seorang pria menggunakan senjata semi-otomatis untuk menyerang jamaah yang sedang salat Jumat di Christchurch, Pulau Selatan Selandia Baru. Lebih dari 2.000 orang telah menyerahkan 3.275 senjata api, 7.827 suku cadang, dan aksesori senjata. 

“Sebagai gantinya, otoritas telah membayar pada mereka lebih dari USD4,06 juta sejak program itu dimulai pada Sabtu (20/7) lalu,” ungkap juru bicara kepolisian Selandia Baru pada Reuters melalui telepon, kemarin. Kepolisian menyatakan senang dengan tingkat partisipasi warga kemarin saat 648 orang menyerahkan 1.061 senjata, 3.397 suku cad. Jok


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.