Kamis, 18 Juli 2019 - 14:19:20 WIB
Inggris soal Benny Wenda: Kami Dukung Keutuhan Indonesia!Kategori: Internasional - Dibaca: 114 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Pemerintah Inggris menegaskan posisinya yang mendukung integritas teritorial Indonesia. Penegasan ini muncul setelah Dewan Kota Oxford memberikan penghargaan kepada pentolan separatis Papua Barat, Benny Wenda.

Pernyataan pemerintah Inggris itu disampaikan Kementerian Luar Negeri-nya dalam keterangan pers."Kementerian Luar Negeri Inggris menggarisbawahi bahwa tidak ada perubahan posisi mengenai Papua yang selama ini dipegang Pemerintah Inggris," kata kementerian itu. 

"Kami mendukung integritas teritorial Indonesia dan mengakui Papua sebagai sebuah bagian keutuhan Indonesia," lanjut kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kementerian itu mengatakan, keberadaan Benny Wenda di Inggris bukan berarti bahwa Pemerintah Inggris mendukung posisinya mengenai kedaulatan Papua. "Penghargaan yang diberikan Dewan Kota Oxford tidak berpengaruh terhadap kebijakan Pemerintah Inggris," imbuh kementerian tersebut.

Dewan lokal, sambung kementerian itu, secara politik bersifat independen dari Pemerintah Pusat sehingga hal pemberian penghargaan itu merupakan urusan Dewan Kota Oxford. 

Pemerintah Inggris menyatakan terus mendukung upaya pemerintah dan masyarakat sipil dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi masyarakat Papua, termasuk perlindungan hak asasi manusia dan memastikan bahwa masyarakat Papua memperoleh manfaat dari pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan. 

Menurut pemerintah Inggris, pejabat dari kedutaannya di Jakarta juga melakukan kunjungan ke Papua secara rutin dan bertemu dengan berbagai unsur pemerintahan, LSM dan kelompok yang berkepentingan. Mirin


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.