Kamis, 27 Juni 2019 - 13:05:50 WIB
Persani Targetkan Dua Medali Emas pada SEA Games 2019Kategori: Olahraga - Dibaca: 37 kali


Baca Juga:

JAKARTA-PB Persani menargetkan dua medali emas pada SEA Games 2019 Filipina. Demikian ditegaskan Ketua Umum PB Persani Ita Yuliati usai dilantik oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman di Lantai 12 Kantor KONI Pusat Senayan Jakarta, Kamis, (27/6/2019).

Ita mengatakan tarrget itu minimal menyamai prestasi di SEA Games 2017 Malaysia lalu. Di Malaysia lalu, senam menyumbangkan dua emas, dua perak, dan empat perunggu. Menurut Ita target dua emas itu sesuai dengan kemampuan atlet yang kita miliki saat ini. Faktor lain adalah tuan rumah Filipina mengurangi beberapa nomor pertandingan. Sebab mereka tidak punya peluang meraih emas.

“Kita realistis saja, dan tau diri dengan kondisi saat ini. Apalagi dengan dana yang kurang, jelas kami membatalkan try out. Jadi kami hanya melakukan traning champ dan pelatnas. Jadi kita berupaya untuk meraup dua emas, dari 26 nomor yang dipertandingkan,” ujar  Ita kepada wartawan.

Pelatnas pun, katanya terpaksa kami lakukan di empat lokasi, sebab Jakarta yang selama ini sebagai tempat pelatnas venues tidak memadai dan memenuhi standar.

“Sebenarnya ini salah satu kendala kita, tapi apa boleh buat. Dengan yang sangat terbatas terpaksa pelatnas digelar di empat lokasi. Itu pun dengan dukungan Pengurus Persani Provinsi yang terkait. Keempat lokasi itu adalah Riau, Jatim, Jakarta, dan Lampung,” tegas wanita yang berlatar belakang pengusaha ini.

Ketum KONI Pusat Tono Suratman menyatakan agar kedepannya Persani tetap solid dan dapat mempertahankan prestasi. “Dua hal penting yang dilakukan adalah konsolidasi dengan pihak Persani Provinsi dan kordinasi dengan KONI Provinsi serta Steakholder olahraga,” tegas Tono.

Menurut Tono, Persani yang mempunyai prestasi dan kontribusi medali bagi kontingen Indonesia, baik di event SG 2017 dan AG 2018 lalu. “Saya berharap prestasi itu terus berlanjut. Apalagi SG 2019 Filipina tinggal beberapa bulan lagi. Saya minta Persani menyiapkan atlet yang tangguh. Sehingga prestasi dua emas di SG Malaysia lalu bisa tercapai di SG Filipina nanti,” harap Tono.

Sementara itu, PB Persani akan berdayakan koordinator wilayah (koorwil) untuk pembinaan secara nasional. Artinya, pemetaan pembinaan senam akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing daerah. Saat ini pun dari 26 Pengprov Persani, ada enam titik pembinaan yakni DKI, Jabar, Jatim, Riau, Lampung dan Sumsel. Pembinaan di Persani memang sangat terkendala dengan minimnya pendanaan.

Ita mengakui meski pembinaan Persani tersendat, prestasi yang dicapaii tidak terlalu mengecewakan. Pada Asian Game 2018 Jakarta-Palembang, senam mampu menyumbang 1 medali perak. Suatu prestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jok


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.