Kamis, 23 Mei 2019 - 19:58:51 WIB
Ketua MK Pastikan Bakal Independen Selesaikan Perselisihan PemiluKategori: Nasional - Dibaca: 104 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan bakal menyelesaikan perselisihan hasil pemilu (PHPU) 2019 secara independen dalam menghadapi setiap gugatan yang akan diproses. 

"Yang jelas independensi itu dijamin 100 persen, dari sembilan hakim tersebut semuanya independensinya bisa dijamin. 
Sekali lagi, meskipun ada yang mencoba (mengganggu) insya Allah kami tidak akan terganggu," ujar Ketua MK Anwar Usman di Kantor MK, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

MK juga tidak akan terpengaruh terkait situasi di luar yang ricuh beberapa hari kemarin. MK juga tidak hanya menyelesaikan perkara pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg), tapi perkara lainnya.

"Kami tidak terpengaruh oleh situasi di luar. Independensi itu sudah dimunculkan dari semua perkara, bukan perkara ini saja," ucap Anwar.

Anwar juga memastikan pihaknya akan menyelesaikan perselisihan hasil Pileg selama 30 hari. Sedangkan Pilpres 2019 akan diselesaikan selama 14 hari.

Selain itu untuk memastikan indenpendensi MK, lanjut Anwar, pihaknya akan melakukan proses persidangan secara terbuka. Sehingga publik dapat mengetahui melalui media massa.

"Kami sampaikan sekarang, nanti rekan-rekan media semua bisa menyaksikan persidangan mulai dari awal sampai putusan dan itu dilaksanakan secara terbuka," tuturnya.

 

Adapun sembilan hakim MK yang akan menangani perkara Pemilu 2019 yakni, Anwar Usman, Aswanto (sekaligus menjabat Wakil Ketua MK), Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, dan I Dewa Gede Palguna. Kemudian Suhartoyo, Manahan MP Sitompul, Saldi Isra dan Enny Nurbaningsih.

Diketahui MK akan menggelar sidang gugatan pilpres pada 17 Juni 2019. Untuk pilpres ditargetkan selesai hingga putusan pada 28 Juni 2019. Sementara untuk sidang gugatan pileg akan selesai pada 9 Agustus 2019. Sin


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (196411)Menikah di Bali (27741)Tampil di Jakarta (26777)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (16346)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (14260)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (13959)Nurul Arifin: JK Tutup Pintu Buat Saya (12795)Profil Susi Pudjiastuti (12330)Wawarinka Melangkah ke Perempat Final (11870)Khloe Kardashian Siap Ceraikan Lamar Odom (11652) INTERNASIONALPolandia Beli 32 Jet Tempur Siluman F-35 ASWARSAWA-Polandia memastikan membeli 32 unit pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning ...


Virus Wuhan Kacaukan Acara ImlekAbu Sayyaf Culik 5 WNI, Menlu RI Panggil Wakil Malaysia dan FilipinaKonflik Natuna dan Klaim Laut China Selatan Bikin ASEAN MeradangChina Resmi Tugaskan Kapal Perang Terbesar di AsiaLa Catrina, Bos Cantik Geng Narkoba Ditembak Mati Polisi MeksikoKata Mahathir, Israel Harus Diadili ICC karena 3 AlasanJet Tempur J-15 China Mulai Lepas Landas dari Kapal Induk Shandong
Laporan KhususSebaiknya, Dua Anggota KPU dan Dua Anggota Bawaslu Mambramo Raya Dipcat JAKARTA-Sebaiknya, dua anggota Koalisi Pemilihan Umum (KPU) dan dua anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ...


Tim Pelajar SD Indonesia Raih 11 Perak dan 11 Perunggu di IMSOKen Chaidian Pimpin MGKR DPD dan DPC Menolak Mubes MKGR Perkumpulan atau MKGR OrganisasiKPN Sail Nias Tiba Kembali di JakartaKontingen Pelantara 9 Gelar Kegiatan di LampungKRI Tanjung Kambani 971 Gelar Ritual Khatulistiwa Kontingen Pelantara 9 Saksikan Atraksi Lompat Batu