Jumat, 12 April 2019 - 16:16:23 WIB
Jabar Targetkan Partisipasi Pemilih 80% Kategori: Daerah - Dibaca: 146 kali


Baca Juga:

BANDUNG-Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa menggelar video conference kesiapan Pemilu 2019 dengan kepala daerah di Jabar di ruang desk Pilkada, Gedung Sate, Bandung, Jumat (12/4/2019).

Sekda Iwa mengatakan hal ini dilakukan pihaknya untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan pemilu di daerah mulai dari logistik, kondusifitas, partisipasi, penggunaan hak pilih dan juga netralitas ASN.

"Pemilu sudah tinggal lima hari lagi. Masa kampanye pun tinggal dua hari, yakni hari ini dan besok. Mulai hari Minggu tanggal 14 April sampai dengan hari Selasa tanggal 16 April 2019, kita akan memasuki masa tenang kampanye. Beberapa hal yang membutuhkan perhatian khusus menjelang pelaksanaan pemilu ini," katanya.

Dalam dialog dengan 27 kabupaten/kota tersebut pihaknya menyoroti soal pendistribusian logistik. Sebagaimana diamanatkan dalam pasal 341 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum bahwa KPU dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI, dan Polri dalam pendistribusian dan pengamanan perlengkapan pemungutan suara.

"Tidak dapat dipungkiri, bahwa pendistribusian logistik ini seringkali menimbulkan masalah, terlebih kondisi geografis di Jabar yang beragam," katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta daerah mengantisipasi kejadian di beberapa tempat, seperti yang sedang ramai dibicarakan, bahwa sudah terjadi isu kecurangan pemilu.

"Marilah kita bersama-sama menjaga agar hal tersebut tidak terjadi di Jawa Barat. Tak lupa juga saya ingatkan kembali bahwa telah diperintahkan kepada Satpol PP agar dapat mendukung dan memfasilitasi penugasan dua personel linmas di setiap TPS serta penyediaan gudang untuk penyimpanan logisitik pemilu 2019," paparnya.

Iwa pun menyoroti kondusifitas keamanan di masyarakat. dalam indeks kerawanan pemilu (IKP) tahun 2019, skor IKP Provinsi Jabar adalah 47,27% dan termasuk pada kategori kerawanan sedang. Artinya potensi kerawanan cenderung mudah terjadi dan perlu mendapatkan perhatian serta antisipasi.

"Untuk itu perlu adanya perhatian khusus dari rekan-rekan Bakesbangpol dengan didukung oleh tni dan polri, agar potensi-potensi kerawanan dapat diredam sedemikian rupa," tuturnya.

Hal lainnya, yakni terkait dengan partisipasi pemilih pada pemilu 2019, target nasional adalah 77,5%, sedangkan target Jabar tingkat partisipasi pemilih pada pemilu 2019 ini adalah 80%. "Semoga target tersebut tercapai atau lebih bagus lagi dapat ditingkatkan," katanya.

Pihaknya juga meminta pemerintah daerah memastikan masyarakat yang belum memiliki e-ktp dan masyarakat penyandang disabilitas agar dapat menyalurkan hak pilihnya.

"Terakhir, terkait netralitas ASN, saya akan terus ingatkan agar ASN netral. Sanksi terhadap ASN yang tidak netral yaitu pemberhentian dengan tidak hormat," ujarnya. Bns


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (196369)Menikah di Bali (27724)Tampil di Jakarta (26772)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (16341)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (14224)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (13954)Nurul Arifin: JK Tutup Pintu Buat Saya (12788)Profil Susi Pudjiastuti (12326)Wawarinka Melangkah ke Perempat Final (11862)Khloe Kardashian Siap Ceraikan Lamar Odom (11649) INTERNASIONALKonflik Natuna dan Klaim Laut China Selatan Bikin ASEAN MeradangJAKARTA-Gerah akibat klaim China tidak saja menimpa Indonesia. Nine dash line atau sembilan garis putus-putus ...


China Resmi Tugaskan Kapal Perang Terbesar di AsiaLa Catrina, Bos Cantik Geng Narkoba Ditembak Mati Polisi MeksikoKata Mahathir, Israel Harus Diadili ICC karena 3 AlasanJet Tempur J-15 China Mulai Lepas Landas dari Kapal Induk ShandongTaliban Klaim Serangan yang Tewaskan Tentara AS di AfghanistanIni Dia Pemimpin Termuda DuniaFilipina Bakal Beli Rudal Jelajah Supersonik Tercepat di Dunia
Laporan KhususSebaiknya, Dua Anggota KPU dan Dua Anggota Bawaslu Mambramo Raya Dipcat JAKARTA-Sebaiknya, dua anggota Koalisi Pemilihan Umum (KPU) dan dua anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ...


Tim Pelajar SD Indonesia Raih 11 Perak dan 11 Perunggu di IMSOKen Chaidian Pimpin MGKR DPD dan DPC Menolak Mubes MKGR Perkumpulan atau MKGR OrganisasiKPN Sail Nias Tiba Kembali di JakartaKontingen Pelantara 9 Gelar Kegiatan di LampungKRI Tanjung Kambani 971 Gelar Ritual Khatulistiwa Kontingen Pelantara 9 Saksikan Atraksi Lompat Batu