Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:27:59 WIB
Korut Menarik Diri dari Kantor Penghubung Antar KoreaKategori: Internasional - Dibaca: 23 kali


Baca Juga:

SEOUL-Korea Utara (Korut) menarik diri dari kantor penghubung bersama dengan Korea Selatan (Korsel) di kota perbatasan Kaesong. Demikian yang dikatakan Kementerian Unifikasi Korsel.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian itu mengatakan, Korut telah memberi tahu Korsel pada Jumat pagi tentang keputusannya untuk menarik diri dari kantor penghubung Kaesong sesuai dengan instruksi dari otoritas superior.

Semua pejabat Korut, yang telah tinggal di Kaesong untuk komunikasi sepanjang waktu dengan rekan-rekan Korsel, menarik diri dari kantor seperti disitir dari Xinhua, Sabtu (23/3/2019).

Kantor penghubung antar-Korea dibuka di Kaesong September lalu sesuai dengan persetujuan Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong-un selama pertemuan puncak pertama mereka pada bulan April di desa gencatan senjata Panmunjom.

Korut mengizinkan pejabat Korsel untuk tinggal dan bekerja di kantor penghubung Kaesong. Para pejabat Seoul berencana untuk bekerja di Kaesong selama akhir pekan.

Pihak Kementerian Unifikasi Korsel menyesali keputusan Korut untuk menarik diri. Mereka pun mengungkapkan harapan bahwa pihak Korut akan segera kembali ke kantor dan mengoperasikannya seperti biasa sesuai dengan yang disepakati oleh kedua Korea.

 

Wakil menteri unifikasi Korsel, Chun Hae-sung mengatakan pada konferensi pers darurat bahwa menjadi sulit untuk membuat diskusi terperinci tentang video reuni keluarga Korea, yang dipisahkan oleh Perang Korea 1950-53.

Seoul telah bersiap untuk berkonsultasi dengan Korut tentang video reuni dan pertukaran pesan video antara keluarga yang terpisah seperti yang disepakati oleh Moon dan Kim selama pertemuan puncak ketiga mereka di Pyongyang September lalu.

Korsel baru-baru ini memenangkan pembebasan sanksi dari Dewan Keamanan PBB untuk mengirim peralatan yang diperlukan ke Korut untuk acara video reuni itu. Sin


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (195385)Tampil di Jakarta (26052)Menikah di Bali (25699)Pergantian Pangdam IV Diponegoro di Luar Kebiasaan (20683)Messi Dirindukan Barcelona (19328)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (15734)Surya Paloh Doakan Endriartono Menangi Konvensi PD (15524)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (13444)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (13066)Nurul Arifin: JK Tutup Pintu Buat Saya (12489) INTERNASIONALSekutu Caracas Berencana Tolak Resolusi AS Soal VenezuelaNEW YORK-Rusia dan sejumlah negara sekutu Venezuela mengatakan, mereka akan menolak rancangan resolusi ...


Trump Buka Kemungkinan Pertemuan dengan Kim Jong-un Jilid IIIPresiden Ekuador Sebut Assange Peretas yang MalangJet Tempur Milik AS Ikut Latihan Perang dengan FilipinaJejak Kasus yang Membelit Pendiri WikiLeaks Julian AssangePerang Dagang hingga Brexit Bikin Ekonomi Global Lesu ke 3,3%Dua Pria Ditembak di RiyadhBank Dunia Tunjuk David Malpass sebagai Presiden Baru
Laporan KhususRob Clinton Kardinal Sebut Masa Depan Indonesia di Tangan MilenialJAKARTA-Calon Anggota Legislatif Partai Golkar, Rob Clinton Kardinal mengumpulkan seluruh relawan ...


Jokowi Komitmen Genjot Pembangunan SDM Besar-besaranSuku-suku Pedalaman Indonesia yang Menolak ModernisasiInilah Pemenang Lomba Foto Jurnalistik Home Credit Indonesia 2018Aneh, Crowd Control di Inasgoc Diatur Perusahaan SatpamMiss Indonesia Alya Nurshabrina Berbagi Motivasi Berburu Pelangi Abadi di Lereng Gunung SemeruPembentukan Pansus Angket TKA Masih Alot