Sabtu, 23 Februari 2019 - 19:27:43 WIB
LSI: Potensi Angka Golput Pemilu 2019 Capai 30 PersenKategori: Polhukam - Dibaca: 43 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Potensi meningkatnya angka golongan putih (golput) atau tidak memberikan suara saat Pemilu 2019 semakin mengkhawatirkan. Apalagi, semakin banyak muncul kampanye atau ajakan untuk golput. 

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adjie Al Farabi memperkirakan sekitar 30% masyarakat akan golput. Dari catatan LSI sekitar sekitar 10% golput karena alasan yang sifatnya politis dan ideologis. Sedangkan, sisanya yakni sekitar 20% karena alasan teknis dan administratif.

“Kalau kita lihat dari sisi historis di Pilkada ataupun Pilpres, terjadinya golput ini karena masalah administratif maupun teknis. Bukan golput karena sifatnya ideologis ataupun politis. Jadi saya menduga, kondisi itu juga akan tetap sama mereka yang golput karena alasan politis atau ideologis hanya di bawah 10 persen. Tapi mayoritas karena masalah administratif ataupun teknis. Adminstratifnya misal soal pindah zona atau administratif pindah dapil untuk memih. Kedua, alasan yang sifatnya administratif ini membuat pemilih untuk golput,” ungkapnya dalam diskusi Polemik MNCTrijaya bertajuk ‘Menjaga Suara Rakyat’ di Jakarta, Sabtu (23/2/2019).


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.