Rabu, 06 Februari 2019 - 16:32:35 WIB
Pertumbuhan Ekonomi 5,17%, Kepala BKPM: Investasi MelambatKategori: Ekbis - Dibaca: 35 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan, investasi yang melambat membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2018 hanya sebesar 5,17%. Capaian ini lebih rendah dibanding target Kementerian Keuangan sebesar 5,2% dan target APBN 2018 sebesar 5,4%.

Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong, mengatakan raihan realisasi investasi sepanjang tahun lalu tidak menggembirakan. Sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

"Jadi, memang realisasi investasi di 2018 cukup mengecewakan. Pertumbuhan investasi melambat dari diatas 10% di 2017 menjadi hanya diatas 4% di 2018," ujarnya di Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Thomas menjelaskan, hal ini tentunya juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ekonomi secara total di bawah keinginan. Namun, pihaknya optimistis arus investasi tahun 2019 bisa kembali menguat.

"Sudah mulai kelihatan dari dialog kami dengan investor besar. Iya investor besar semakin nyaman bahwa badai sudah lewat," katanya.

Menurut Thomas, ada optimisme yang semakin kuat dikalangan investor mengenai tahun pemilihan umum (Pemilu) yang aman dan tertib. Selain itu, jurus kebijakan pemerintah yang pragmatis dan reformis.

"Jadi, sudah keliatan tanda-tanda awal investasi akan pulih di 2019. Khususnya, setelah pelemahan yang cukup signifikan di 2018," tutur dia.

 

Adapun, dalam beberapa bulan ini akan ada beberapa groundbreaking pabrik baru yang bernilai triliunan rupiah. Lokasinya ada di Banten, Jabodetabek, dan Jawa Barat.

"Sektor industri yang besar-besar, arus modal digital juga jalan terus, pengumuman dari Tokopedia, Go-Jek dan Grab. Semua masih terus terima inevstasi dalam jumlah besar, juga membantu angka realisasi secara total," pungkas Thomas. Sin


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.

 



TerpopulerTolak Tampil Untuk The Voice As (195388)Tampil di Jakarta (26054)Menikah di Bali (25716)Pergantian Pangdam IV Diponegoro di Luar Kebiasaan (20686)Messi Dirindukan Barcelona (19353)Inilah Saham Pilihan Pekan Ini (15743)Surya Paloh Doakan Endriartono Menangi Konvensi PD (15528)Isagenix Berkontribusi Wujudkan Masyarakat Lebih Sehat (13455)119 Orang Tewas Akibat Gempa di Meksiko (13078)Nurul Arifin: JK Tutup Pintu Buat Saya (12491) INTERNASIONALJepang Yakinkan AS Tetap Beli Jet Tempur F-35TOKYO-Jatuhnya sebuah jet tempur siluman F-35A Jepang baru-baru ini tidak akan menghentikan rencana Tokyo ...


Fakta-fakta dan Kejanggalan dari Tragedi Bom Sri LankaSekutu Caracas Berencana Tolak Resolusi AS Soal VenezuelaTrump Buka Kemungkinan Pertemuan dengan Kim Jong-un Jilid IIIPresiden Ekuador Sebut Assange Peretas yang MalangJet Tempur Milik AS Ikut Latihan Perang dengan FilipinaJejak Kasus yang Membelit Pendiri WikiLeaks Julian AssangePerang Dagang hingga Brexit Bikin Ekonomi Global Lesu ke 3,3%
Laporan KhususRob Clinton Kardinal Sebut Masa Depan Indonesia di Tangan MilenialJAKARTA-Calon Anggota Legislatif Partai Golkar, Rob Clinton Kardinal mengumpulkan seluruh relawan ...


Jokowi Komitmen Genjot Pembangunan SDM Besar-besaranSuku-suku Pedalaman Indonesia yang Menolak ModernisasiInilah Pemenang Lomba Foto Jurnalistik Home Credit Indonesia 2018Aneh, Crowd Control di Inasgoc Diatur Perusahaan SatpamMiss Indonesia Alya Nurshabrina Berbagi Motivasi Berburu Pelangi Abadi di Lereng Gunung SemeruPembentukan Pansus Angket TKA Masih Alot