Minggu, 05 Agustus 2018 - 12:47:47 WIB
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Capai 5,15%Kategori: Ekbis - Dibaca: 54 kali


Baca Juga:

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 akan berada di angka 5,15%. Angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2018 yang mencapai 5,06%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, pertumbuhan ekonomi tersebut dipengaruhi oleh angka inflasi dimana inflasi nasional masih terkendali dan terjaga dengan baik. "Mudah-mudahan kuartal 2 sebesar 5,15%, masih di bawah kapasitas output nasional. Jadi tekanan inflasi dari permintaan masih rendah," ujar Perry di Jakarta akhir pekan.

Dia melanjutkan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal II diperkirakan terjaga didukung stimulus fiskal, perbaikan pendapatan, inflasi yang terjaga, serta kenaikan keyakinan konsumen menengah atas. Investasi juga diperkirakan tetap kuat, yang tidak hanya didukung oleh proyek infrastruktur, tetapi juga oleh proyek noninfrastruktur, baik di investasi bangunan maupun di investasi nonbangunan. 

"Kuatnya permintaan domestik mendorong kenaikan pertumbuhan impor, khususnya impor barang modal seperti alat angkut, mesin, peralatan dan suku cadang," terangnya. Sementara itu, pertumbuhan ekspor terindikasi tidak sekuat perkiraan karena dipengaruhi tren harga komoditas global yang menurun. 

Disamping itu, BI juga tidak melihat adanya dampak dari pelemahan nilai tukar rupiah terhadap inflasi. Inflasi inti yang masih tinggi sebesar 0,41% bukan disebabkan karena pelemahan rupiah melainkan pada bulan Juli 2018 ada beberapa tekanam harga seperti naiknya biaya sekolah serta biaya sewa.

"Jadi kenaikan inflasi itu 0,41% sebagian besar karena faktor musiman yang terkait dengan biaya sekolah, biaya sewa. Biasanya memang pada bulan Juli itu saat pembayaran biaya-biaya tersebut," katanya. Sind


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.