Rabu, 04 Juli 2018 - 15:13:37 WIB
Kotak Kosong Menang di Pilwalkot MakassarKategori: Daerah - Dibaca: 44 kali


Baca Juga:

MAKASSAR-Rapat rekapitulasi penghitungan suara PPK tingkat kecamatan se-kota Makassar hasil Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2018 telah selesai. Hasilnya, suara masyarakat yang tidak setuju dengan pasangan calon (paslon) tunggal mencapai 53,23%.

Sementara, suara paslon tunggal Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi (Appicicu) hanya memperoleh 46,77%. Secara keseluruhan, jumlah pemilih di Pilwalkot Makassar sebanyak 565.040 orang.

Paslon Appicicu pun meraih suara 265.245 terpaut 36.550 suara masyarakat yang memilih kolom kosong (kotak kosong) yang suaranya mencapai 300.795.

Dari data yang diperoleh SINDOnews, kemenangan paslon tunggal Appicicu hanya di dua kecamatan, yakni Tamalate dan Manggala. Di Kecamatan Tamalate, Appicicu meraih 33.817 suara, sementara kolom kosong 33.541 suara.

Di Kecamatan Manggala, suara Appicicu mencapai 30.384 dan kolom kosong hanya 27.631 suara. Selebihnya di 13 wilayah kecamatan, kolom kosong unggul.

Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar tetap akan menjadwalkan rekapitulasi hasil Pilwalkot Makassar 2018 tingkat KPU, Rabu (4/7/2018).

Komisioner KPU Makassar Divisi Data Rahma Saiyed mengatakan, pihaknya masih akan merapatkan lokasi rekapitulasi penghitungan suara pilwalkot tersebut malam tadi.

Proses rekapitulasi tersebut dipastikannya akan terbuka untuk jurnalis yang akan meliput.

"Rekap KPU Insya Allah besok (hari ini, red) kita upayakan. Untuk lokasinya masih kita akan rapatkan sebentar malam. Terbuka untuk media," tegasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/7/2018) petang.

Hingga petang kemarin, pihaknya sudah menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara dari 9 kecamatan. Kesembilan kecamatan tersebut yakni Mariso, Sangkarrang, Ujung Tanah, Tamalanrea, Manggala, Wajo, Biringkanaya, Ujung Pandang dan Tallo. 

"Kita belum apa-apa itu barang (hasil rekap kecamatan). Jadi kita belum bisa dapatkan hasilnya berapa, walaupun sudah ada yang masuk, tapi itu kan ada dalam kotak. Kalau untuk membuka kotak, kita tidak bisa. Nanti baru kita ketahui saat rekap ditingkat kota," paparnya. Sind


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.