Selasa, 12 Juni 2018 - 10:19:56 WIB
Kemenkes Siapkan 3.910 Fasyankes di Sepanjang Jalur Mudik 2018Kategori: Nasional - Dibaca: 13 kali


Baca Juga:Pemborosan PGN dan PPA dalam Sorotan DahlanKisruh Arema Berimbas ke Gajayana Indonesia Borong Pesawat (Buatan Sendiri Kena Hujat) Munarman: Yang Benci FPI= Suka Maksiat dan Korupsi

JAKARTA-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menambah 84 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) untuk mudik 2018 menjadi 3.910 fasyankes. Fasilitas ini tersedia di sepanjang jalur mudik. Jumlah tersebut terdiri dari 923 pos kesehatan, 2.231 puskesmas, 375 rumah sakit, 207 kantor kesehatan pelabuhan, dan 174 public service center 119.

''Kalau terjadi masalah kesehatan dan dalam keadaan darurat saat mudik, segera hubungi 119,'' kata Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI), Nila Moeloek seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes.

Melalui surat edaran nomor HK.02.01/MENKES/306/2018 tentang penyelenggaraan layanan kesehatan pada situasi khusus libur keagamaan 2018 dan tahun baru 2019 diharapkan gubernur mengkoordinasikan kepada bupati atau wali kota untuk membentuk tim penyelenggara kesehatan mudik, pembentukan pos kesehatan, mengadakan PSC, pemberian layan kesehatan 24 jam di puskesmas dan rumah sakit di sepanjang jalur mudik, lokasi wisata (sedang dalam pengecekan lokasi), penyiapan tim gawat darurat dengan evakuasi medik.

Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan kesehatan di tempat umum. Disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pemudik, pemantauan data morbiditas dan mortalitas saat arus mudik. Menkes juga tak lupa menghimbau pemudik untuk beristirahat jika merasa lelah dan tidak memaksakan berkendara.

Sementara untuk waktu istirahat, Menkes menyarankan beristirahat setiap 2 jam untuk pengemudi roda dua dan setiap 4 jam untuk pengemudi roda empat minimal selama 15 menit.

''Pemeriksaan itu meliputi wawancara, pemeriksaan fisik, gula darah, kadar alkohol dalam tubuh, dan kadar narkoba. Selain itu pengemudi bus juga perlu memperhatikan waktu istirahat, makan makanan yang sehat, dan lakukan peregangan saat istirahat,'' kata Menkes. Sind/Nia


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.