Minggu, 03 Desember 2017 - 22:11:21 WIB
Peserta KPN Diharapkan ke Depan Menjadi Pemuda MandiriKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 32 kali


Baca Juga:Pemborosan PGN dan PPA dalam Sorotan DahlanKisruh Arema Berimbas ke Gajayana Indonesia Borong Pesawat (Buatan Sendiri Kena Hujat) Munarman: Yang Benci FPI= Suka Maksiat dan Korupsi

SABANG – Pentas Sail Sabang 2017 yang digelar pada Sabtu (2/12/2017), di City 3 Desa Pasiran, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Povinsi Aceh Darussalam, memang sudah usai digelar. Layar pun sudah digulung. Para tamu undangan, peserta yang ikut berpartipasi dan panitia local atau daerah dan pusat pun sudah kembali ke tempat asal masing-masing.

Terutama, peserta yang ambil bagian atau terlibat dalam Sail Sabang 2017, seperti peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) sudah kembali ke Jakarta. Secara keseluruhan peserta KPN yang terdiri dari pemuda dan pemudi yang berasal daari 32 provinsi minus Papua Barat dan Kalimantan Timur mengaku puas.

Tak hanya peserta yang terdiri dari 96 anggota yang mengaku puas juga Ketua Pelaksana KPN 2017 Alfredo do Carmo. Pria asal Timor Leste yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Bidang Pariwisata dan Kemaritiman Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengaku puas dan sangat terkesan dengan Sail Sabang 2017 ini.

“Sangat-sangat puas dengan penyelenggaraan Sail Sabang 2017, meskipun diguyur hujan deras yang tiada henti-hentinya hingga akhir penyelenggaraan Sail Sabang 2017. Kami dari KPN 2017, yang merupakan bagian dari Sail Sabang, sangat bangga bisa ambil bagian dari event ini,” kata Alfredo.

Ia menambahkan, bahwa KPN 2017 dengan moto: Berbeda untuk Bersatu, melalui KPN kita tingkatkan kapasitas pemuda bidang pariwisata dan kemaritimin menuju poros maritim dunia,  bertujuan meningkatkan kapasitas pemuda menuju pemuda yang mandiri dan bersaing sebagai pemuda maritime yang memanfaatkan laut sebagai bagian dari kehidupan untuk meningkatkan ekonomi menuju poros maritime dunia sebagai implementasi progam pemerintah Kabinet Kerja.

“Melalui kegiatan Kapal Pemuda Nusantara ini dan berakhir pada kegiatan Sail Sabang, para pemuda dapat mengenal batas-batas wilayah territorial kita. Sadar tentang kekayaaan yang terkandung di dalamnya yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat sekaligus dapat dikembangakan menjadi suatu industry pariwisata maritim menuju poro maritime dunia sebagai implementasi visi pemerintah,” jelas Alfredo lulusan S2 Universitas Negeri Jakarta ini.

Selama dalam pelayaran, kata Edo, panggilan akrabnya, para pemuda data berlayar meningkatkan rasa nasionalisme melalui diskusi yang didasarkan pada demokrasi Pancasila sebagai sebagai ciri khas Bangsa Indonesia dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika yang menjunjunh tinggi hak asasi manusia yang termuat dalam pembukaan UUUD 1945.

“Di tengah era globalisasi dan isu-isu yang sarat dengan perebutan batas-batas wilayah, peredaran narkoba, dan infiltrasi terorisme internasional melalui Kapal Pemuda Nusantara para pemuda perlu memahami sehingga menjadi benteng dan motor penggerak para pemuda di daerah masing-masing,” tegasnya.

Melalui program ini, tutur Edo, para pemuda dapat mengenal dan mengetahui bahwa Negara kita adalah Negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai ke Pulau Rote yang dikelilingi oleh laut Samudra Hindia dan Samudera Pasifik. Hal ini, tentunya, kata Edo, sangat dibutuhkan pemahaman yang luas tentang batas wilayah territorial yang sarat dengan konflik perbatasan suatu bangsa.

“Kami berharap agar para pemuda mau kembali ke laut dan melakukan aktivitas di bidang kelautan sebagai suatu gaya hidup dari segala aspek kehidupan antara lain mau menjadi pemuda maritime di bidag usaha kemaritiman, membentuk jejaring kerja nasional pemuda, membentuk kelompok pemuda wisata kemaritiman, memperkuat dan meningkatkan jiwa dan semangat NKRI. Dan mau menyiapkan diri dalam persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN dan siap menjadi generasi penerus bangsa,” harap Edo. Jok    


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.