Sabtu, 02 Desember 2017 - 11:42:20 WIB
Nonton Bareng di Sail Sabang 2017 Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 16 kali


Baca Juga:Pemborosan PGN dan PPA dalam Sorotan DahlanKisruh Arema Berimbas ke Gajayana Indonesia Borong Pesawat (Buatan Sendiri Kena Hujat) Munarman: Yang Benci FPI= Suka Maksiat dan Korupsi

SABANG - Komunitas film lokal Aceh mendapatkan panggung khusus dalam perhelatan internasional Sail Sabang 2017 dengan diselenggarakannya nonton bareng film  karya mereka selama even berlangsung mulai 28 November hingga 4 Desember 2017  di Bioskop Misbar  (gerimis bubar) yang terletak di Sabang Fair, Kota Sabang.

Hadirnya Bioskop Misbar , yang merupakan bantuan pemerintah fasilitasi revitalisasi infrastruktur fisik ruang kreatif dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) atas permintaan pemda setempat ini, menjadi sarana yang tepat dalam mempromosikan hasil karya penduduk setempat di bidang sinematografi. Terlebih, sejumlah film mengangkat tema budaya lokal.

Seperti diketahui, keberadaan Bioskop Misbar ini merupakan bagian dari acara Sail Sabang 2017 yang dikoordinir oleh Kemenko Maritim.

“Bioskop ini merupakan bagian dari infrastruktur ekonomi kreatif. Kami sempat beberapa kali ke Aceh bertemu dengan komunitas-komunitas film tapi mereka tidak punya wadah untuk  mempresentasikan hasil karya mereka. Nah, disinilah tujuan kami menyediakan Bioskop Misbar ini. Bioskop Misbar ini juga dapat digunakan untuk melakukan evaluasi dan kritik terhadap film,” ujar  Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Bekraf.

Selain pemutaran film, hadir pula pertunjukkan kesenian persembahan dari Dewan Kesenian Sabang (DKS) berupa  seni tari dan puisi. Lalu ada juga kegiatan TED X pada tanggal 3 Desember dan Learn X tanggal 4 Desember di tempat yang sama.  Bekraf juga mengadakan penayangan film Astronomi dalam bentuk Dome (Layar Kubah) yang berlangsung pada tanggal 3-5 Desember di SMAN 1 Sabang.  

Masyarakat khususnya anak muda sangat antusias menyambut kehadiran Bioskop Misbar Bekraf ini. Meskipun cuaca gerimis para pengunjung yang datang tetap menonton dua film dengan menggunakan jas hujan yang disediakan.

“Kita merasa beruntung dan berterima kasih sekali dengan adanya Misbar ini karena sangat representatif mendukung komunitas-komunitas yang ada khususnya film dan juga tari lalu seni rupa. Dengan adanya Misbar kita harapkan bisa membuat kegiatan yang bermanfaat bagi anak muda di sini,” ungkap Fadhlan selaku Ketua Dewan Kesenian Sabang.

Program-progam yang akan berlangsung di Bioskop Misbar Sabang diantaranya: pemutaran film Indonesia, workshop film dan subsektor kreatif lainnya setiap bulan, pemutaran film lokal setiap minggu setelah pagelaran Sail Sabang 2017, dan pertunjukan dari komunitas film dan seni atau pelaku kreatif lainnya di Kota Sabang setiap dua minggu.  Jok

 


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.