Jumat, 01 Desember 2017 - 15:43:42 WIB
James Gelorakan Kepeloporan Pemuda kepada Peserta KPN 2017Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 96 kali


Baca Juga:Pemborosan PGN dan PPA dalam Sorotan DahlanKisruh Arema Berimbas ke Gajayana Indonesia Borong Pesawat (Buatan Sendiri Kena Hujat) Munarman: Yang Benci FPI= Suka Maksiat dan Korupsi

SABANG - Prof. Dr. dr. James Tangkudung, guru besar Universitas Negeri Jakarta, menegaskan kepada para peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2017, bahwa masa depan bangsa dan Negara ada di tangan pemuda. Artinya, para pemuda, seperti saudara-saudara harus maju. James mengangkat tema: Kepeloporan Pemuda, dan diberikan kepada para peserta KPN 2017 di Aula SMA Negeri 1 Sabang, Jumat (1/12/2017).

“Kalau tidak maju Anda mengkhianiti bangsa.  Jadi, peran pemuda sangat dibutuhkan dewasa ini. Negara besar bisa hancur seperti  Yaman, Suriah, Iran, Irak, Mesir, Libya dan Negara-negara lain  beratakan karena pemudanya tidak kuat. Padahal, mereka Negara muslim. Dan mereka saling berperang,” ujar rof. Dr. dr James Tangkudung .

Mantan Deputi di Kementerian Pemuda dan Olahraga ini, menambahkan, Indonesia ini Negara besar. Dan, pemuda sangat banyak. Dan potensi itu harus dimanfaatkan. Para pemuda bisa dijadikan apa saja.  

“Dulu ketika terjadi tsunami di Aceh, saya pernah jadi relawan. Sebagai warga Negara yang baik saya merasa terpanggil. Padahal saya beda agama dan kepercayaan, tapi itu tidak menjadi hambatan. Saya membantu warga Aceh tanpa melihat suku dan agama. Dari pengalaman jadi relawan ini saya jadi banya sahabat, kawan, teman, dan kolega. Saya 10 hari waktu itu di Aceh,” kenang James.

“Saya Cuma ingin menggambarkan saja, bahwa peran pemuda, sebagai penggerak, pelopor dan lain-lain dalam membangan bangsa Indonesia sangatlah penting.  Sebagai pemuda jadilah yang unggul. Keinginan kuat dan posisi pun harus kuat. Saya bangga diminta Asdep sebagai pembicara. Supaya saya memberikan inspirasi dan unggulan kepada Anda-anda. Ke depan kami-kam ini sudah tidak ada. Andalah yang jadi pemimpin Negara ini sebagai pengganti. Mungkin, dari kalian ada yang jadi bupati, walikota, gubernur, atau bahkan bisa jadi presiden,” terangnya.

Anda adalah generasi penerus.  Jadi jangan tergantung keada orang tua dan orang “Indonesia ini kaya raya. Kalau anda profsioanl jadilah pengusaha,  sumber daya kelautan kita sangat kaya. Buatlah sumber darya kelautan dengan membangun koperasi dengan cara  bagaimana menjual ikan.  Ataumenjual pariwisata, terutama di Sabang ini. Gerakan koperasi di semua sector,” ujar pria asal Manado ini.

Untuk itu, kata James, Anda harus banyak baca. Sebelum pergi ke tempat  daerah tertentu,  baca dulu daerah tersebut. “Kenali daerah tersebut. Jadi Anda datang tidak buta. Dan, jangan lupa  jaga fisik. Jadi jaga diri Anda. Kuatkan mental. Dan jangan lupa olahraga, seperti kaki anda harus kuat. Jadi jagalah kualitas hidup anda. Tanamkan, slogan saya ingin hidup 100 tahun lagi. Kita harus yakin. Karena kita bersama Tuhan. Yakin dan percaya diri. Anda harus banyak berdoa,” katanya.

Negara saat ini, ujar James,  memerlukan generaasi muda yang percaya diri, keratif, inovatif, pengetahuan  dan teknologi mumpuni  guna menciptakan persatuan. “Semua demi kemakmuran dan kemajuaan serta  perabadan bangsa. Jadi, sarankan saya manfaatkan dana desa, secara maskimal. Ajukan proposal. Bikin koperasi dengan warga setempat. Anda harus jadi pemimpin yang beranfaat bagi daerah Anda masing-masing.  Jadilah potensi pemuda, idealisme, punya semangat mandiri, punya displin, jangan berpikir negative, dan harus,” tambahnya.  Jok 


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.