Rabu, 06 September 2017 - 19:36:46 WIB
Bandung Akan Gelar Festival Seni Sebulan PenuhKategori: Daerah - Dibaca: 40 kali


Baca Juga:Pemborosan PGN dan PPA dalam Sorotan DahlanKisruh Arema Berimbas ke Gajayana Indonesia Borong Pesawat (Buatan Sendiri Kena Hujat) Munarman: Yang Benci FPI= Suka Maksiat dan Korupsi

BANDUNG -  Pemkot Bandung bakal menyiapkan pentas seni dan budaya fantastis selama sebulan penuh, mulai 25 September hingga 25 Oktober 2017 mendatang, untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-207 kota berjuluk Paris van Java itu. Selama satu bulan penuh, Kota Bandung akan diisi dengan sekitar 688 kegiatan kesenian dengan melibatkan 2.475 seniman di 44 lokasi pertunjukan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan, kegiatan yang disebut Seni Bandung#1 itu menjadi festival seni pertama yang berlangsung di Indonesia. Sebab, kegiatan itu akan melibatkan pegiat seni lintas dimensi yakni sastra, musik, teater, tari, dan seni rupa. “Ini yang pertama di Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, Bandung akan menjadi kota yang kaya dengan kebudayaan. Kota yang hidup karena warganya senang dan bergembira. Bandung bukan hanya semata kota ekonomi, tapi kaya akan seni dan budaya,” kata Emil di Pendopo, Rabu (6/9/2017), demikian seperti dilansir dari Sindonews.com.

Emil menyebutkan, kegiatan Seni Bandung#1 juga rencananya diselenggarakan setiap tahun. Untuk tahun ini, Pemkot Bandung telah menyediakan anggaran sekitar Rp5 miliar. “Semoga, dengan anggaran yang tersedia bisa berlangsung sempurna. Sangat jarang kegiatan seni berlangsung masif seperti ini, tidak seperti kegiatan lain misalnya Pekan Olahraga Nasional (PON),” ujar Emil.

Direktur Eksekutif Seni Bandung#1 yang juga Seniman Bandung, Iman Soleh mengatakan, kegiatan itu diharapkan dapat menarik jumlah wisatawan ke Kota Bandung. Selama ini, Bandung memang sudah sering menyelenggarakan berbagai festival, tapi hanya berlangsung satu hari. “Dengan kegiatan yang berlangsung sebulan penuh ini diharapkan wisatawan dapat tinggal lebih lama dan menikmati berbagai pertunjukan. Kegiatan seperti ini belum pernah ada di Indonesia,” kata dia.

Sementara Produser Seni Bandung#1 Satria Yanuar Akbar mengungkapkan, Festival Seni Bandung#1 akan diisi ribuan seniman asal Kota Bandung. Pagelaran yang berlangsung nanti akan diisi oleh pegiat seniman tari, musik, seni rupa, teater, dan sastra. “Ada 156 kelompok yang akan dilibatkan, terdiri dari 2.475 seniman. Lokasi pertunjukan tersebar di 44 tempat di enam wilayah di Kota Bandung,” kata dia.

Sutradara Seni Bandung#1 Heru Hidayat mengatakan, festival ini akan menjadi tempat berkumpulnya para seniman di Kota Bandung. Juga, akan menjadi kegiatan tahunan yang diniatkan sebagai panggung bersama untuk menyampaikan ekspresi artistik kepada warga dengan pengalaman unik.

“Karya seni sesungguhnya baru akan utuh saat bertemu dengan publiknya. Pentas seni Bandung ini akan menjadi kesempatan bagi seniman dan warga menciptakan momen unik. Inilah kesempatan untuk mengapresiasi ragam kesenian, mulai genre tradisi, modern, maupun kontemporer,” paparnya. Ria


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.