Kamis, 23 Maret 2017 - 12:53:17 WIB
Ini Dia 10 Kampung Terunik di IndonesiaKategori: Wisata - Dibaca: 171 kali


Baca Juga:Pemborosan PGN dan PPA dalam Sorotan DahlanKisruh Arema Berimbas ke Gajayana Indonesia Borong Pesawat (Buatan Sendiri Kena Hujat) Munarman: Yang Benci FPI= Suka Maksiat dan Korupsi

JAKARTA - Indonesia selama ini memang dikenal dengan keunikannya. Kampung terunik pun banyak bertebaran di Nusantara dan sekarang dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. 

Dari surveI Litbang KORAN SINDO, diperoleh 10 kampung terunik di Indonesia. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya : 

1.Jodipan Malang, Jawa Timur (23%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Kampung wisata yang satu ini terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Dulunya kampung ini hanyalah pemukiman biasa. Namun kini, kampung tersebut telah berubah dan mampu mengundang wisatawan. Salah satu keunikan dari kampung ini adalah rumah-rumah warga yang dicat warna-warni dan dilukis oleh komunitas mural.

2.Setu Babakan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta (22%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Setu Babakan merupakan salah satu lokasi wisata di Jakarta Selatan yang mengusung kebudayaan Betawi. Selain fasilitas permainan seperti sepeda air dan perahu, kampung ini juga menawarkan berbagai macam makanan dan minuman khas betawi seperti kerak telor, toge goreng, bir pletok, dan lain sebagainya. Pengunjung juga berkesempatan menyaksikan berbagai macam kebudayaan Betawi seperti Tanjidor, lenong dan ondel-ondel.

3.Kampung Batik Kauman Solo, Jawa Tengah (13%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Di Solo, ada sebuah kampung berisi aset-aset warisan yang diakui dunia yaitu batik. Kampung tersebut bernama Kampung Batik Kauman. Lokasi kampung Batik Kauman ini tidak jauh dari Pasar Klewer. Di tempat ini, pengunjung bisa mengunjungi spot menarik seperti rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, penelitian dan pengembangan produk batik serta museum koleksi batik.

4.Kampung Wisata Desa Sade, Lombok Tengah, NTB (11%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Kampung wisata ini terletak di Lombok Tengah, NTB. Kampung ini dihuni oleh suku Sasak “Sade” yang masih menjaga tradisi suku Sasak hingga sekarang. Hal tersebut bisa dilihat dari sisi bangunan seperti rumah, adat istiadat, dan budaya yang masih terjaga keasliannya. Sejak difungsikan sebagai kampung wisata, warga di wilayah ini banyak beralih pekerjaan menjadi pemandu wisata.

5.Kampung Adat Toraja Sillanan Tana Toraja, Sulawesi Selatan (11%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Sillanan adalah nama dari sebuah perkampungan di Toraja. Kampung adat ini terletak di Desa Sillanan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kampung ini terbilang unik karena terletak di lereng gunung batu atau gunung kapur dan hampir seluruh wilayah desa tertutup bebatuan. Di kampung ini kita dapat melihat rumah adat tongkonan serta kebudayaan Tana Toraja.

6.Kampung Madras Medan, Sumatera Utara (10%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Kampung ini juga sering disebut dengan Kampung Keling namun kemudian diganti menjadi Kampung Madras. Kampung Madras ini identik dengan “Little India” di Kota Medan. Disebut sebagai “Little India” karena mayoritas kepala keluarga yang tinggal di kampung ini merupakan keturunan India.

7.Desa Wisata Kandri, Semarang, Jawa Tengah (4%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Desa wisata yang berada di Kandri, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah ini memiliki banyak potensi alam dan budayanya. Di desa ini terdapat kerajinan batik, sulam, serta budidaya belut. Selain itu ada obyek wisata lain seperti Goa Kreo dan Waduk Jatibarang. Desa yang terbentuk sejak Desember 2012 ini memiliki program untuk wisatawan, salah satunya merasakan hidup ala petani.

8.Kampung Berua, Maros, Sulawesi Selatan (2%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Adalah Kampung Berua, sebuah perkampungan di Desa Ramang-Ramang, Kabupaten Maros. Memasuki desa ini, pengunjung disambut dengan gugusan bukit karst. Jajaran rapi rumah panggung khas Sulawesi berdiri sepanjang aliran Sungai Puthe. Karenanya perahu menjadi alat transportasi andalan penduduk kampung ini.

9.Kampung Wisata Suku Baduy, Banten (2%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Kawasan Suku Baduy selalu menjadi favorit pelancong backpackers. Daerah eksotis dan tradisinya yang kuat, menjadi magnet bagi wisatawan. Kampung wisata di Pandeglang, Banten ini berada di bawah kaki Pegunungan Kendeng, Kanekes, Leuwidamar, Lebak. Memasuki kawasan ini, wisatawan langsung disuguhi pemandangan kampung yang masih murni tradisinya.

10.Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat (2%)

10 Kampung Terunik di Indonesia
Satu lagi kampung wisata yang masih bertahan dengan kearifan lokalnya yakni Kampung Naga. Wilayah yang terletak di Desa Neglasari, Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini terbilang unik karena posisinya berada di lembah. Rumah yang ada di kampung ini berbentuk rumah panggung dengan dinding rumah dari anyaman bambu.

Sumber: Sindonews.com


0 Komentar Pembaca















Isi Komentar:

Nama:
Website:
Komentar:
 
 Masukkan 6 kode di atas.